Pemprov Papua dorong seluruh pendamping desa tersertifikasi

Nusantaratv.com - 14 November 2022

Pendamping Desa Asal Kabupaten Lanny Jaya. ANTARA/HO/Naftali
Pendamping Desa Asal Kabupaten Lanny Jaya. ANTARA/HO/Naftali

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Provinsi Papua terus mendorong seluruh pendamping desa agar bersertifikat dalam rangka peningkatan kinerja di lapangan dan untuk karier selanjutnya.

Koordinator Provinsi Papua untuk Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Adi saat di Wamena, Minggu mengatakan sebelum mengikuti sertifikasi, pendamping perlu mendapatkan bimbingan terlebih dahulu.

"Kalau proses sertifikasi nya memang masih agak panjang karena perlu mempersiapkan administrasi. Misalnya bimbingan terlebih dahulu setelah itu baru kita akan melakukan proses sertifikasi nya," katanya.

Ia mengatakan pada tahun-tahun mendatang, akan hadir berbagai kebijakan baru yang perlu penyesuaian dan kesiapan dari pendamping desa sehingga mereka harus dipersiapkan.

"Selain itu kami juga mendorong agar pendamping desa, distrik dan kabupaten harus saling koordinasi, memberikan penguatan, informasi dan pikiran yang baik sehingga dukungan itu bisa dilakukan secara bersamaan," katanya.

Khusus untuk di wilayah pegunungan Papua, pendampingan atau bimbingan baru dilakukan untuk pendamping dari Kabupaten Lanny Jaya.

Koordinator Pendamping Tingkat Kabupaten di Lanny Jaya, Provinsi Papua Yos Feri Moli, mengatakan pihaknya mendorong para pendamping di sana agar bisa bersertifikat sehingga terus menjadi pendamping desa.

Sertifikat merupakan syarat menjadi pendamping desa di waktu-waktu yang akan datang.

"Sertifikasi ini batasnya sampai 2024. Jadi kalau tidak memenuhi syarat berarti tidak bisa menjadi pendamping desa. Ini syarat untuk menjadi pendamping desa dan harus melalui sertifikasi," katanya.

Ia memastikan jumlah pendamping yang tersebar di Kabupaten Lanny Jaya hingga kini adalah 120 orang.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close