Pemprov NTB Dorong Semua Elemen Terus Berinovasi dan Berkreasi

Nusantaratv.com - 07 Oktober 2022

Pemprov NTB dorong semua elemen terus berinovasi dan berkreasi. Foto (Ist.)
Pemprov NTB dorong semua elemen terus berinovasi dan berkreasi. Foto (Ist.)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Pada Momentum Event Golden Talent Hunt STIPAR Soromandi Bima, Pemerintah Provinsi NTB mendorong semua elemen, baik itu generasi muda Soromandi Bima ataupun generasi muda di NTB untuk terus berinovasi dan berkarya guna memberikan yang terbaik untuk NTB. 

Hal tersebut disampaikan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melalui Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB, H. Wirawan Ahmad  didampingi General Manager Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve Pulau Sumbawa Hadi Santoso di kampus STIPAR Soromandi Kabupaten Bima pada Selasa ( 4/10/2022) lalu.

 Ahmad menjelaskan NTB mengapresiasi ajang pencarian bakat bertajuk ‘Golden Talent Hunt’ sebagai sarana untuk pencarian bakat aktris, penyanyi dan model dari daerah.

Sehingga peserta yang terpilih, menurut Ahmad mampu mengharumkan nama daerah, khususnya Bima dan umumnya NTB di kancah Nasional.

 “Acara Golden Talent Hunt di STIPAR Soromandi merupakan ajang pencarian bakat bagi remaja dan generasi muda didaerah. Sehingga mereka yang terpilih dapat mengharumkan nama daerah, demi mewujudkan NTB Gemilang," ucapnya.

Menurut Ahmad, BRIDA merupakan bagian dari OPD yang terus menggiatkan upaya untuk mempromosikan daerah. Sehingga dikatakannya bahwa Ajang audisi kali ini, adalah salah satu cara cerdas untuk lebih mengenalkan NTB ke pentas nasional. 

"Apalagi sebelum ini banyak talenta dari Bima yang sudah dikenal seperti Eka Bima dan lainnya," ujarnya.

Hal seperti ini, lanjut Ahmad, selaras dengan prioritas Nasional, yang telah menjadikan NTB sebagai daerah Super Prioritas Nasional untuk pengembangan Pariwisata Nasional.

“Pak Gubernur NTB, menitip pesan, agar kita terus berkreasi, berinovasi, berkontribusi untuk membangun daerah kita, dengan cara-cara sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing,” imbuhnya.

 Lebih lanjut Ahmad menjelaskan, bahwa Gubernur NTB telah menunjuk dirinya untuk mewakili, karena BRIDA adalah instansi pemerintah provinsi NTB yang menjadi mitra kerja bagi Pergurun Tinggi (PT) yang ada di Provinsi NTB, termasuk STIPAR Soromandi Bima.

 "Banyak Program BRIDA yang dapat dikolaborasikan dengan kampus-kampus yang ada di Bima. Misalnya ada kegiatan penelitian dan pengembangan. Dimana terbuka akses bagi civitas akademika STIPAR untuk melaksanakan join riset, ada program Beasiswa NTB untuk keluar negeri maupun dalam negeri," terangnya.

 "Atas nama Pemerintah Provinsi NTB, kami sangat mengapresiasi dan antusias atas terselenggaranya acara ini. Selamat dan sukses kepada STIPAR Soromandi Kabupaten Bima, yang telah menyelenggarakan acara Golden Talent Hunt,” tambahnya 

Ahmad berharap, acara seperti ini, dengan format dan tema yang berbeda, akan bergantian diselenggarakan di Bima, sehingga pihaknya lebih sering untuk silaturahmi dengan masyarakat Bima.

 Sementara itu, Ketua TP. PKK Kab. Bima Hj. Rostiati Dahlan, menyampaikan rasa bangga atas kegiatan ajang pencarian bakat dan talenta putra-putri di daerah. Sehingga ke depan, para peserta dapat mempromosikan nama Kabupaten Bima ditingkat Nasional.

“Ini kegiatan yang sangat bagus, disamping menampilkan bakat, peserta juga menampilkan fashion daerah seperti tenun khas Bima,”ujarnya.

 Ia juga menyampaikan apresiasi atas perhatian Gubernur NTB, melalui Kepala BRIDA, yang hadir bersama pada kegiatan tersebut. Mendukung dan memberikan motivasi terhadap generasi muda untuk tampil dan mengekspresikan diri.

Terpisah, Ketua STIPAR Soromandi-Bima, Abustam, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi NTB, melalui Kepala BRIDA yang telah hadir untuk menyaksikan acara ini. Termasuk sempat berdialog dengan para mahasiswa terkait Beasiswa NTB. Ia juga berharap agar pemerintah memperhatikan kemajuan Kampus di Bima termasuk STIPAR Soromandi-Bima. 

 "Kampus STIPAR Soromandi-Bima, merupakan cikal bakal kampus yang akan mencetak SDM yang memiliki kapasitas untuk memajukan daerah di NTB,”ujarnya.

Dirinya berharap diawal rintisan membangun SDM ini mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah kabupaten, Provinsi NTB hingga Nasional.

General Manager Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve Pulau Sumbawa, Hadi Santoso bersama dengan Kepala BRIDA NTB, berdialog dengan STIPAR Soromandi dan mahasiswa STKIP Harapan Bima, terkait beasiswa NTB.

General Manager Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve Pulau Sumbawa, mengingatkan mahasiswa agar mempersiapkan diri dan cepat mencari informasi terkait beasiswa, baik di website resmi  atau Medsos Pemprov maupun BRIDA NTB.

“Ikuti terus informasinya di website dan medsos resmi BRIDA NTB dan LPP NTB. Persiapkan diri, penuhi syarat secara administrasi dan manfaatkan akses yang ada, untuk mendapatkan beasiswa tersebut," ujar Hadi.

Ia menjelaskan bahwa salah satu tugas DP Geopark Tambora-SBR PS yang diamanahkan perundang-undangan dan Gubernur NTB adalah melakukan pengembangan/penguatan Edukasi d Kawasan Geopark Tambora. Dan pihaknya pun telah melakukan MoU dengan BRIDA NTB melalui LPP NTB dan PTS/PTN yang ada di NTB.

"Termasuk STIPAR Soromandi Bima dll. Sehingga, pada kesempatan kali ini kami menjembatani kolaborasi antara STIPAR Soromandi dengan BRIDA NTB dalam mensukseskan program Edukasi, khususnya peningkatan kapasitas, riset, inovasi," terang Hadi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])