Pemprov NTB Ajak Masyarakat Jaga Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Bangsa

Nusantaratv.com - 23 Juli 2022

Kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia di lingkungan Pemerintah, Pendidikan dan Swasta di hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, Kamis (21/7/2022). Foto (Istimewa)
Kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia di lingkungan Pemerintah, Pendidikan dan Swasta di hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, Kamis (21/7/2022). Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com -Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengajak masyarakat untuk menjaga bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro (Karo) Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi NTB Nursalim, saat membuka kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia di lingkungan Pemerintah, Pendidikan dan Swasta di hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, Kamis (21/7/2022).

"Bahasa harus menjadi perhatian bersama. Untuk mempertahankan esensi bahasa sebagai identitas kita," kata Nursalim.

Untuk itu, lanjut Nursalim penerapan bahasa Indonesia ini harus terus dilakukan baik di lingkungan pemerintah maupun swasta. Terus melakukan edukasi kepada masyarakat, karena bahasa indonesia juga merupakan amanat yang tertuang UUD 1945, sebagai konstitusi negara.

"Jadi komitmen konkritnya,kira harus bangga memiliki bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa," ujarnya.

Mempertahankan esensi bahasa indonesia ini juga penting, ditengah globalisasi dunia, dimana mengusai bahasa asing, juga sangat penting.

"Saya bangga banyak adik-adik kita generasi muda sekarang belajar bahasa asing, apalagi itu bahasa dunia, namun harus dipahami penempatan berbahasa ini," tambahnya.

Ia mengajak peserta penyuluhan, untuk menggencar secara masif penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan pendidikan, perhotelan dan lembaga serta intstansi pemerintah maupun swasta.

Termasuk mengelaborasi penggunaan bahasa daerah sebagai kekhasan lokal, sebagai media pembelajaran dilingkungan pendidikan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close