Pemprov Jateng fasilitasi pemenuhan RTH Kota Pekalongan

Nusantaratv.com - 18 November 2022

Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan sedang menanam tanaman di sejumlah ruang terbuka hijau di Pekalongan, Jumat (18/11/2022). (ANTARA/Kutnadi)
Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan sedang menanam tanaman di sejumlah ruang terbuka hijau di Pekalongan, Jumat (18/11/2022). (ANTARA/Kutnadi)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Jawa Tengah, memfasilitasi pemenuhan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Pekalongan dengan menyerahkan bantuan 129 bibit tanaman.

Analis Pengaman Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Jawa Tengah Wahyuni Fitria di Pekalongan, Jumat, mengatakan penyerahan bantuan 129 bibit tanaman ini sebagai upaya mengurangi polusi dan meningkatkan indeks kualitas udara di daerah itu.

"Kami akan terus memfasilitasi bantuan bibit untuk mewujudkan ruang terbuka hijau di perkotaan. Untuk Kota Pekalongan ini ada delapan titik dengan total bibit sebanyak 129 batang," katanya.

Adapun jenis tanaman yang diserahkan yakni cempaka, sawo kecik, bungur, dewandaru, mundu, gayam, beringin, tabebuya, flamboyan, dan ketapang kencana.

Sebanyak 18 bibit akan ditaman di Taman Jetayu, 32 di Tamana Nursery, 10 bibit di Lapangan Mataram, 12 bibit di Alun-Alun Kota Pekalongan, 20 bibit di Taman Tirto, 2 di Monumen Djoeang 45, 25 di makam Bong Cino Kuripan, dan 10 bibit di makam kerkop Panjang Wetan.

Dikatakan, pemberian bantuan bibit tanaman itu juga akan diberikan kabupaten/kota di Jawa Tengah seperti Kabupaten Tegal, Magelang, Semarang, dan Kudus.

"Untuk kegiatan di Kota Pekalongan ini mungkin sampai dua hari penyerahan sekaligus kegiatan penanaman. Melalui kegiatan ini diharapkan kualitas udara di daerah akan semakin baik," kata Wahyuni.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan Joko Purnomo mengatakan dengan adanya pemberian fasilitasi bibit tanaman itu maka kondisi wilayah akan semakin sejuk.

"Kami berharap tanaman yang ditanam ini bisa hidup dan tumbuh dengan baik sehingga dapat mengurangi pencemaran di daerah ini," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close