Pemprov Jabar Turut Ambil Bagian Dalam Penyelenggaraan Moto GP Di Mandalika NTB

Nusantaratv.com - 24 Februari 2022

Kerjasama antara Pemprov Jabar dan Pemprov NTB. (Foto Pemprov Jabar)
Kerjasama antara Pemprov Jabar dan Pemprov NTB. (Foto Pemprov Jabar)

Penulis: Saifal Ode | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat turut ambil bagian dalam gelaran Moto GP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Pemprov Jabar akan memberikan dukungan berupa pasokan produk-produk merchandise hasil kolaborasi antara Pemda Provinsi Jabar dengan  Pemda NTB. 

Sebagai bukti bahwa jabar ikut andil dalam helatan Moto GP ini Pemprov Jabar melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Perangkat Daerah Pemda Provinsi Jabar dengan NTB di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (23/2/2022). 

"Untuk Moto GP kita bekerja sama, maka akan ada produk-produk merchandise dijual oleh warga NTB, tapi diproduksi oleh Jawa Barat," kata Ridwan Kamil. 

Beberapa produk yang akan dijual untuk mendukung event Moto GP Mandalika adalah pakaian hingga sepatu. Khusus untuk sepatu didesain langsung oleh Ridwan Kamil, dan akan diluncurkan di Mandalika. 

"Yang sekarang tim sedang kerjakan mayoritas adalah pakaian dan sepatu. Untuk launching digelar di sana (Mandalika). Desainernya dari Jabar, tapi semua produksi dan sumbernya dari NTB," ujar pria yang kerap disapa Kang Emil. 

"Kita juga akan launching sepatu, saya sendiri yang mendesainnya. Ini contoh kolaborasi kongkret dan insyaallah nanti menjadi kebanggaan antardaerah," imbuhnya. 

Selain mendukung produk untuk event Moto GP, Jabar bersama NTB juga melakukan kerja sama di bidang lain di antaranya perindustrian, perdagangan, pendidikan, pariwisata, maupun investasi. 

"Hari ini kami antara Jawa Barat dengan NTB menandatangani kerja sama di bidang perindustrian, perdagangan, pendidikan, pariwisata, UMKM dan investasi. Selama ini perdagangan antar provinsi ini kurang," kata Kang Emil. 

Kerja sama tersebut akan langsung diimplementasikan ke dalam beberapa program. Misalnya di bidang pendidikan dan UMKM, Pemda Provinsi Jawa Barat akan memberikan pelatihan kepada para barista asal NTB. 

"Ada pelatihan 15 warga dari Pak Gubernur NTB, oleh Jawa Barat akan dilatih menjadi barista dengan skala internasional, sehingga kafe-kafe di sana juga bisa sekelas kafe-kafe di dunia. Ini akan mengiringi kesuksesan NTB yang akan sering menjadi tuan rumah event event internasional," ujarnya. 

Contoh lain di bidang investasi. Kang Emil memaparkan, Jawa Barat akan melakukan investasi sebagai salah satu komitmen untuk mendukung perekonomian dan investasi sesama daerah yang ingin maju. 

"Kita juga akan banyak berinvestasi ke NTB sebagai bagian dari kesetaraan daerah-daerah yang ingin maju ekonominya. Ini merupakan bentuk semangat kurangi kompetisi perbanyak kolaborasi karena kita sama-sama NKRI," jelas Kang Emil. 

Sementara itu Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyambut baik kerja sama dengan Pemda Provinsi Jabar sebagai langkah dan komitmen Pemda Provinsi NTB untuk menjadi tuan di daerahnya sendiri. 

Apalagi NTB juga akan menjadi tuan rumah dari banyak event internasional. Misalnya adalah ajang balap motor World Super Bike, hingga yang terbaru akan diselenggarakan balapan motor kelas dunia Moto GP pada Maret 2022 mendatang. 

"Kalau dari kami, yang pertama tentu terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat. NTB akan menjadi tuan rumah dari berbagai event internasional. Oleh karena itu jangan sampai kami hanya menjadi penonton di daerah kami sendiri. Kapasitas masyarakat harus di-upgrade, dan alhamdulillah dengan kolaborasi dan sinergi ini banyak orang-orang di daerah kami akan dilatih, sehingga mempunyai kemampuan yang mumpuni," kata Zulkieflimansyah. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])