Pemprov DKI Gelar Mudik Gratis Lebaran 2024 ke 19 Kota di 6 Provinsi

Nusantaratv.com - 05 Maret 2024

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo/ist
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar program Mudik Gratis Lebaran 2024.

Rencananya, ada 19 kota/kabupaten di 6 provinsi yang menjadi tujuan dari program mudik gratis ini. 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyampaikan dalam program Mudik Gratis Lebaran 2024 dari Pemprov DKI tidak hanya mengangkut pemudik tetapi juga sepeda motor mereka. Guna mendukung program ini pihaknya akan menyiapkan ratusan bus dan truk.

"Saat ini sedang dilakukan proses pemilihan penyedia, direncanakan mudik gratis DKI akan dilaksanakan pada 3 April pemberangkatan truk pengangkut sepeda motor dan 4 April pemberangkatan bus pengangkut penumpang," kata Syafrin Liputo, Selasa (5/3/2024).

Syafrin lebih lanjut menjelaskan total 259 unit bus akan diberangkatkan saat arus mudik serta 210 bus saat arus balik. Selain itu, Dishub menyiapkan 13 unit truk saat arus mudik dan 10 unit truk saat arus balik untuk mengangkut kendaraan pemudik. 

Namun Syafrin belum memerinci kota tujuan mudik gratis tahun ini.

Baca juga: Pemprov Jateng Gelar Mudik Gratis Lebaran 2024, Syaratnya Hanya KTP

"Terdapat 19 kota atau kabupaten tujuan mudik yang tersebar di enam provinsi," ujarnya.

Syafrin menuturkan pra-rampcheck dilakukan sejak 21 Februari hingga 31 Maret 2024 di terminal tipe A. Nantinya, rampcheck akan dilanjutkan selama angkutan Lebaran berlangsung. Syafrin memperkirakan 18 ribu lebih warga akan mengikuti mudik gratis.

"Diperkirakan sebanyak 18.760 warga akan mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Untuk keseluruhan prediksi akan dikoordinasikan dengan Kemenhub dan BPTJ setelah diadakan rapat koordinasi," ucapnya.

Syafrin berharap masyarakat memanfaatkan program mudik gratis. Dengan begitu, volume kendaraan pribadi di jalanan pun berkurang.

"Dengan demikian, potensi kecelakaan lalu lintas akibat kendaraan pribadi dapat dikurangi dan masyarakat sampai ke tujuan dengan selamat," pungkasnya.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close