Pemprov DKI Diminta Sediakan Tempat Layak Pasca Sejumlah Pedagang di Pesanggrahan Digusur

Nusantaratv.com - 20 Desember 2023

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Ismail/net
Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Ismail/net

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Ismail, mendesak Pemprov DKI menyediakan lokasi yang layak bagi pedagang di sekitar Taman Alfa Indah, Pesanggrahan, Jakarta Selatan yang digusur. 

Ismail juga memediasi antara Pemprov DKI dengan pedagang yang digusur tersebut pada Selasa (19/12/2023). 

"Tentu dengan kios-kios yang sudah diperbaiki lebih rapi dan tertata dengan baik," ujar Ismail kepada awak media.  

Ismail mengatakan, 29 pedagang terkena penertiban. Mereka juga tak diberikan uang ganti rugi usai tempat berdagangnya dibongkar. 

"Dari penjelasannya, kami melihat ada beberapa hal yang kami patut diduga ada kepentingan yang bisa menjadi motif penertiban (pedagang) di lokasi tersebut," kata Ismail.

Berdasarkan informasi yang Ismail terima, penertiban para pedagang itu diduga berkaitan dengan keberadaan rumah sakit yang tidak memiliki lahan parkir. 

"Tadi kita mendengar informasi ada rumah sakit yang dibangun, tapi tidak memiliki fasilitas parkir yang memadai sehingga patut timbul kecurigaan dari para pedagang," kata dia. 

Ismail telah menginformasi kepada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta terkait perizinan dari rumah sakit soal pemanfaatan lahan tersebut. 

"Maka kami konfirmasi kepada pihak PTSP ketika memberikan perizinan ini, apakah sudah memenuhi persyaratan, salah satunya ketersediaan lahan parkir," ucap Ismail. 

"Jika tidak memenuhi, maka itu patut dipertanyakan. Tadi saya mengusulkan kalau memang ada kepentingan pihak rumah sakit, adanya kebutuhan lahan parkir, para pedagang juga bisa tetap di sana," kata Ismail.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close