Pemkot Tanjungpinang Pertimbangkan Tutup BUMD Karena Rugi Rp4 Miliar

Nusantaratv.com - 24 November 2022

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma. (Ogen)
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma. (Ogen)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mempertimbangkan akan menutup BUMD PT Tanjungpinang Makmur Bersama (PT TMB) karena merugi sekitar Rp4 miliar selama periode 2020-2021.

Wali Kota Tanjungpinang Rahma mengatakan berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB),  BUMD PT TMB pada 2020 merugi sebesar Rp1,8 miliar, dan 2021 sebesar Rp2,3 miliar.

"Itu dari hasil audit keuangan BUMD PT TMB tahun 2020-2021. Belum termasuk tahun 2022," kata Rahma di Tanjungpinang, Kamis.

Menurut Rahma kondisi ini tidak bisa dibiarkan terus-menerus, sehingga perlu diambil langkah strategis menyangkut nasib ke depan perusahaan plat merah tersebut.

Ia menyebut selain pertimbangan menutup BUMD PT TMB, ada juga opsi untuk mengganti direksi perusahaan itu menyusul mundurnya Direktur Utama Fahmi dan Direktur Irwandy baru-baru ini.

Kendati demikian, katanya, pergantian direksi juga tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Tentu diperlukan pengganti yang betul-betul paham tata kelola BUMD sekaligus mampu menjalankan model bisnis yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"BUMD itu sejatinya tulang punggung ekonomi daerah. Tapi kalau terus-terusan rugi seperti ini, bagaimana mau dipertahankan," ucap Rahma yang juga pemegang saham utama BUMD PT TMB.

Rahma juga menyoroti pemasukan BUMD PT TMB hanya sebesar Rp200 juta per tahun, sementara modal operasional yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan itu sekitar Rp300 juta per tahun. "Itu saja minus Rp100 juta. Tak ada untung," katanya pula.

Rahma melanjutkan akan meminta masukan dari pihak-pihak terkait untuk menentukan nasib BUMD PT TMB, apakah harus ditutup atau mencari direksi yang baru untuk memaksimalkan peran perusahaan milik pemerintah daerah tersebut.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close