Pemkot Pekalongan Serahkan Bantuan Perahu Kebencanaan

Nusantaratv.com - 09 Desember 2022

Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kota Pekalongan melakukan sarasehan bersama tim relawan kebencanaan di Pekalongan, Jumat (9/12/2022). (ANTARA/Kutnadi)
Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kota Pekalongan melakukan sarasehan bersama tim relawan kebencanaan di Pekalongan, Jumat (9/12/2022). (ANTARA/Kutnadi)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kota, Jawa Tengah, menyerahkan bantuan hibah berupa sebuah perahu polyethylene (PE) dan mesin 15 PK pada Kepolisian Resor Kota Pekalongan untuk penanganan kebencanaan banjir dan rob.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pekalongan Dhimas Arga Yudha di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa bantuan perahu ini bertujuan untuk mendukung peralatan yang sudah ada dalam penanganan banjir dan kecelakaan di air.

"Spesifikasi perahu itu tahan bocor dan minim biaya perawatan. Namun, hal yang penting di sini adalah bantuan perahu itu bisa membantu penanganan bencana di daerah, khususnya banjir dan rob," katanya.

Dikatakan, dalam rangka memperingati Hari Relawan Internasional 2022, pihaknya melakukan sarasehan penanggulangan bencana bertajuk "Ngobrol dan ngopi bareng relawan (ngobral)", bersama Forum Relawan Bencana Kota Pekalongan, TNI, dan Polri, Jumat (9/12).

Adapun dalam pertemuan dengan para relawan bencana ini diikuti oleh 37 komunitas dan relawan peduli lingkungan dan kebencanaan, dan organisasi masyarakat (ormas) yang mendukung penanganan kebencanaan seperti PMI, Basarnas, Pekalongan Rescue, Relawan Arnavat Satpolairud, dan resimen mahasiswa.

Dimas Arga Yudha mengatakan kegiatan sarasehan ini merupakan bagian dari konsolidasi dan membangun silaturahmi sekaligus meningkatkan koordinasi, serta sinergi bersama antarrelawan bahwa upaya penanggulangan bencana dapat dilakukan bersama baik dari unsur pemerintah, TNI, Polri, dan relawan, serta masyarakat.

"Urusan kebencanaan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja melainkan tanggung jawab bersama.
Oleh karena itu, kami mengajak semua pihak ikut mencegah dan menolong sesama saat terjadi bencana," katanya.

Menurut dia, Kota Pekalongan memiliki potensi dalam hal kerelawanan yaitu sudah ada 37 organisasi yang dibentuk.

"Tentunya hal ini menjadi kekuatan yang luar biasa ketika terjadi suatu bencana agar mudah bergerak sesuai dengan divisi dan kompetensi masing-masing dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])