Pemkot Pekalongan Minta Industri Rumah Tangga Jamin Keamanan Pangan

Nusantaratv.com - 16 November 2022

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto (tengah) saat memberikan bimbingan teknis keamanan pangan bagi pelaku usaha industri rumah tangga pangan, Rabu (16/11/2022). (ANTARA/HO-Humas Kota Pekalongan)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto (tengah) saat memberikan bimbingan teknis keamanan pangan bagi pelaku usaha industri rumah tangga pangan, Rabu (16/11/2022). (ANTARA/HO-Humas Kota Pekalongan)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, minta para pemilik industri rumah tangga pangan (PIRP) bisa menjamin keamanan produk pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto di Pekalongan, Rabu, mengatakan ada sejumlah syarat standar yang harus dipahami oleh pelaku industri rumah tangga dalam memenuhi keamanan pangan, baik dari segi cara produksi, pengolahan pangan yang sehat dan aman, serta sarana dan prasarana.

"Oleh karena itu, kami perlu memberikan bimbingan teknis pada pelaku industri rumah tangga dengan tujuan mereka memiliki pengetahuan dan wawasan yang cukup mengenai cara pengolahan pangan yang sehat dan aman," katanya.

Dia mengatakan kegiatan pelatihan bimbingan teknis untuk pelaku industri rumah tangga pangan tersebut dilakukan selama dua hari, yaitu Rabu (16/11) dan Kamis (17/11).

Kegiatan bimbingan teknis ini, kata dia, merupakan implementasi Dinas Kesehatan Kota Pekalongan terhadap para pemilik usaha industri rumah tangan pangan dalam menjamin keamanan pangan bagi masyarakat.

"Kami berharap dengan pangan yang aman dan sehat, masyarakat akan terjamin dari bahaya saat mengkonsumsi makanan," katanya.

Slamet Budiyanto mengingatkan pelaku industri rumah tangga pangan tidak memproduksi makanan yang mengandung bahan kimia, seperti bahan pengawet, bahan pemanis, dan pewarna.

"Demikian pula, produk makanan jangan sampai ditemukan adanya isi staples, kerikil, dan bahan lainnya yang membahayakan kesehatan manusia yang mengkonsumsi," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close