Pemkot Padang Bagikan 30.000 Batang Cabai Tekan Angka Inflasi

Nusantaratv.com - 23 November 2022

Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi Kadis Pertanian Syahrial dan Kadis Perikanan dan Pangan Guswardi menyalurkan bantuan benih cabai kepada masyarakat. (ANTARA/HO Dinas Pertanian)
Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi Kadis Pertanian Syahrial dan Kadis Perikanan dan Pangan Guswardi menyalurkan bantuan benih cabai kepada masyarakat. (ANTARA/HO Dinas Pertanian)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat membagikan 30.000 batang cabai kepada kelompok wanita tani, kelompok tani, pelajar dan sekolah di daerah tersebut sebagai upaya menekan angka inflasi daerah.

"Salah satu pemicu inflasi di Kota Padang adalah inflasi dan ini yang coba kita tekan secara perlahan-lahan," kata Kepala Dinas Pertanian, Syahrial Kamat di Padang, Rabu.

Menurut dia, Dinas Pertanian Kota Padang menyalurkan 15.000 batang cabai dalam polybag kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Tani. Selain itu Dinas Perikanan dan Pangan juga menyalurkan 15.000 batang cabai untuk sekolah, pelajar dan lainnya.

"Sasaran kita untuk penyaluran ini di seluruh kecamatan di Kota Padang dan kita mengajak masyarakat menggelorakan menanam cabai ini," kata Syahrial.

Selain itu, pihaknya memberikan bantuan kepala kelompok tani di tujuh kecamatan di daerah tersebut dengan target penanaman seluas 8 hektare.

Dalam program ini pemerintah akan memberikan bantuan Rp60 juta per hektare untuk membantu kelompok tani membeli bibit, alat sarana prasarana pertanian, pupuk, upah tenaga kerja dan lainnya.

"Bantuan ini untuk kelompok tani di Padang dan jumlah bantuan yang diberikan sesuai luas lahan yang mereka miliki. Kita ingin petani ini menanam dan panen cabai dalam waktu tiga hingga empat bulan ke depan," katanya.

Biasanya satu batang cabai dapat menghasilkan satu kilogram cabai, sehingga bantuan khusus yang diberikan kepada petani ini bermanfaat untuk menekan angka inflasi, membantu petani memenuhi kebutuhan dan meningkatkan minat menanam cabai.

"Untuk target panen memang tidak ada namun kita ingin penanaman ini optimal karena saat ini kondisi cuaca juga kurang baik. Intinya kita ingin agar jangan banyak yang gagal," kata Syahrial.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close