Pemkot Banjarmasin Naikkan Biaya Renovasi Rumah Warga Miskin

Nusantaratv.com - 19 Januari 2024

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina saat melakukan pembongkaran secara simbolis perbaikan rumah warga tidak layak huni pada 2023. (ANTARA/Sukarli)
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina saat melakukan pembongkaran secara simbolis perbaikan rumah warga tidak layak huni pada 2023. (ANTARA/Sukarli)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) menaikkan biaya bantuan renovasi rumah warga miskin tidak layak huni hingga Rp30 juta per unit pada 2024.
 
"Tahun 2023, biaya per unitnya dibantu Rp25 juta. Jadi, ada kenaikan Rp5 juta per unit rumah," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin Dolly Syahbana di Banjarmasin, Jumat.

 
Menurut dia, bantuan perbaikan atau renovasi rumah warga miskin ini masuk dalam program rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RS-Rutilahu) Pemkot Banjarmasin tahun 2024.
 
"Tahun ini jumlah rumah yang dibantu sebanyak 100 unit," ucapnya.
 
Menurut Dolly, rumah warga yang sudah dipilih tersebut tersebar di lima kecamatan sesuai prioritas.
 
Dia menyampaikan awalnya yang disetujui sebanyak 225 unit rumah yang direhabilitasi tahun ini, namun karena anggaran terbatas dikurangi menjadi 100 unit, sehingga yang daftar tunggu rumah yang perlu direnovasi sebanyak 300 unit, semoga pada APBD perubahan nanti bisa dianggarkan lagi.
 
Dia mengatakan tahun lalu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penerima bantuan program rehabilitasi rumah tidak layak huni tersebut, di antaranya sudah melalui seleksi, terutama harus berada di lahan milik sendiri dan tidak berada di jalur hijau.

 
Program Rutilahu di Kota Banjarmasin dilaksanakan sejak 2019. Saat ini sudah tercatat 379 unit rumah warga miskin yang diperbaiki.
 
Selain lewat program Rutilahu, Pemkot Banjarmasin juga mendapat bantuan program serupa dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat lewat program kota tanpa kumuh (Kotaku).(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close