Pemko Medan Gelar Mudik Gratis, Pendaftaran Mulai Hari Ini

Nusantaratv.com - 20 April 2022

Pemko Medan gelar mudik gratis/ist
Pemko Medan gelar mudik gratis/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Sebagai wujud konkret kepeduliannya terhadap masyarakat yang akan berlebaran, Pemerintah Kota (Pemko) Medan menggelar mudik gratis bagi warga Medan maupun luar kota Medan.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis ini bisa mendaftar langsung ke Pemko Medan. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 20-25 April 2022 di Posko Dishub Kota Medan mulai pukul 08.30-16.00 WIB.

Selain itu, Dishub Medan juga membuka pendaftaran melalui online melalui mudik-bareng.pemkomedan.go.id.

"Salah satu bentuk kepedulian Wali Kota Medan memberikan program gratis bagi masyarakat yang ingin mudik dengan tiga jadwal keberangkatan yaitu tanggal 29,30, dan 1 Mei 2022," ungkap Kadishub kota Medan, Iswar Lubis, Rabu (20/4/2022).

"Bagi masyarakat yang ingin mudik dipersilahkan untuk daftar secara online dan kita juga buka posko di samping Lapangan Merdeka. Nanti bagi yang sudah mendaftar, nanti akan berangkat sesuai tujuan akhir dan tanggal keberangkatan," imbuhnya.

Program mudik gratis yang digelar Pemko Medan disambut antusias oleh masyarakat. Tampak banyak masyarakat telah mengantre dengan hanya  menyerahkan fotokopi KTP.

"Masyarakat di hari pertama sangat antusias dan banyak juga yang bertanya. Mudah-mudahan ini bisa membantu meringankan beban masyarakat," kata Iswar.

Bagi para calon pemudik yang mendaftar, akan memilih tanggal yang tersedia dan rute keberangkatan mudik.

"Yang mendaftar silahkan mendaftar rute tujuan dan tanggal yang diinginkan. Nanti kita  kelompokkan sampai batas akhir pendaftaran di tanggal 25 nanti, kita akan beri tiket dan keberangkatan akan dilakukan dari Lapangan Merdeka," papar Iswar.

Iswar mengatakan Pemko Medan tidak menargetkan jumlah penumpang mudik dan melakukan penyesuaian dengan jumlah penumpang.

"Kita tidak punya target, kita justru akan menyiapkan supply kita sesuai dengan demand. Sedangkan untuk persiapan armada sendiri kita sudah booking ke beberapa kawan-kawan perusahaan angkutan dan mereka juga support ini," jelasnya.

"Kita lihat sampai tanggal 25 April ini pendaftarnya berapa dan nanti akan kita klasifikasikan ke kelompok mana dan disesuaikan jumlah armadanya," lanjut Iswar.

Iswar menambahkan, selain mendapat fasilitas transportasi gratis, para pemudik nantinya akan mendapatkan baju mudik dan juga makanan untuk waktu berbuka puasa.

"Insha Allah kita akan mencoba untuk mempersiapkan baju seragam untuk pemudik dan juga makanan untuk mereka," tukasnya.

Berikut rute yang disediakan Pemko Medan dalam program mudik gratis kali ini:

1. Medan-Rantau Prapat-Kota Pinang-Gunung Tua-Palas-Sibuhuan

2. Medan-Tarutung-Sipirok-Padang Sidempuan-Panyabungan-Natal

3. Medan-Tarutung-Sibolga-Panyabungan

4. Medan-Sidikalang-Pakpak Bharat
(dari berbagai sumber)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close