Pemkab Tapin Bentuk Perusda Tambatan Tongkang Dukung PAD

Nusantaratv.com - 11 Januari 2024

Dokumentasi - Sejumlah perabot rumah tangga berserakan di rumah yang rusak akibat ditabrak kapal tongkang di Desa Keladan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Senin (24/4/2023). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/aww.
Dokumentasi - Sejumlah perabot rumah tangga berserakan di rumah yang rusak akibat ditabrak kapal tongkang di Desa Keladan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Senin (24/4/2023). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/aww.

Penulis: Bagas Adi Pangestu

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan membentuk perusahaan daeerah (Perusda) bidang tambatan tongkang sebagai upaya memanfaatkan potensi untuk menambah sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin Sufiansyah mengatakan pembentukan perusda tambatan tongkang bertaraf internasional terus berproses dan menargetkan rampung 2024.

"Segera, ini masih diproses peraturan daerah nya, dalam waktu tak lama ada RDP (rapat dengar pendapat) tim anggaran,"  ujarnya di Rantau, Kabupaten Tapin, Kamis.

Sufiansyah mengatakan perusda ini harus didorong sebagai upaya memanfaatkan peluang ekonomi untuk masyarakat yang juga berujung pada peningkatan pendapatan asli daerah.

"Kami melihat tak ada satupun upaya untuk menambah PAD selain perusda yang memungkinkan. Selain menambah PAD juga mengurangi resistensi di masyarakat. Itulah dasar kami," ujar pria yang juga sebagai akademisi tersebut.

Sufiansyah mengatakan cara menambah PAD melalui perusda ini sebagai salah satu pilihan yang bagus tanpa menyusahkan masyarakat terkait retribusi dan pajak.

"Jelas, imbas dari perusda ini penyerapan tenaga kerja," ungkapnya.

Sufiansyah yang memprakarsai program ini memberikan catatan apabila perusda ini berjalan akan memperkuat manajemen dan pengawasan agar berjalan sesuai tujuan serta menguntungkan.

Sufiansyah mengaku telah menyuarakan pembentukan perusda pada 2018, namun stagnan. Kemudian, ada kejadian tongkang angkutan batubara menghantam puluhan rumah pada 2023.

Saat menjabat Sekda Tapin kali ini, Sufiansyah memiliki kesempatan kembali menyuarakan pembentukan perusda sebagai solusi pasti untuk permasalahan aktivitas ekonomi yang berpotensi mengancam keselamatan masyarakat.

Diketahui, dua kapal tongkang lepas kendali hingga menabrak 35 rumah warga di Desa Teladan Kabupaten Tapin pada Sabtu (22/4/2023). Kemudian, peristiwa serupa terjadi di aliran Anak Sungai Barito tepatnya di area terminal batubara pascatambang, Kabupaten Tapin beberapa waktu lalu.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close