Pemkab Tanimbar Fokus Program Turunkan Stunting dan Kemiskinan

Nusantaratv.com - 28 November 2023

Pelantikan Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Maluku Pieterson Rangkorarat oleh Gubernur Maluku Murad Ismail (Antara/HO-Pemprov Maluku)
Pelantikan Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Maluku Pieterson Rangkorarat oleh Gubernur Maluku Murad Ismail (Antara/HO-Pemprov Maluku)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar memfokuskan pada program penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem usai Pieterson Rangkorarat dilantik jadi Penjabat (PJ) Bupati Tanimbar oleh Gubernur Maluku.

"Percepatan penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem merupakan tanggung jawab utama saya sebagai Penjabat Bupati yang baru," ujar Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Pieterson Rangkorarat di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan sejak dilantik Gubernur Maluku pada 27 November 2023 sebagai Penjabat Bupati Tanimbar pihaknya memulai dengan melakukan konsolidasi internal, terutama dalam kaitannya dengan konsistensi pengelolaan tugas pokok dan fungsi ASN dalam melakukan optimalisasi pelayanan publik di kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem termasuk stunting itu juga menjadi perhatian prioritas pemerintah provinsi maupun pusat," katanya.

Apalagi prevalensi balita yang mengalami stunting di Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebagaimana data Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat mencapai 25 persen pada 2021 dan pada 2022 mengalami peningkatan menjadi 31,1 persen.

Untuk mencapai target penurunan stunting, pihaknya akan melakukan intervensi spesifik dengan mengatasi penyebab langsung terjadinya stunting, seperti pemberian asupan makanan, peningkatan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui program PKK di setiap desa.

Sementara itu untuk kemiskinan dan kemiskinan ekstrem di Tanimbar, ia optimis akan berangsur-angsur turun jika melihat data dalam dua tahun terakhir.

Pada 2021 angka kemiskinan di Tanimbar mencapai 27,27 persen dan berangsur turun pada 2022 hingga 23,88 persen. Sedangkan angka kemiskinan ekstrem di Tanimbar pada 2021 sebesar 10,58 persen dan turun pada 2022 hingga 6,63 persen.

Selain stunting dan kemiskinan pihaknya juga menyampaikan bahwa netralitas ASN Kepulauan Tanimbar tetap terjaga menjelang Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

“Saya kira untuk memfasilitasi pelaksanaan Pemilu serentak ini sudah merupakan perintah dari peraturan perundang-undangan dan karena itu dalam kapasitas selaku penjabat Bupati, tentu akan optimal dalam mendukung semua tahapan dan proses yang terkait dengan Pemilu di Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” katanya.

Ia menjamin tentang netralitas ASN sendiri, bahwa dia akan mengarahkan seluruh ASN untuk netral dan tidak berpihak kepada pasangan calon tertentu atau calon tertentu dalam proses pemilu 2024.

Pieterson Rangkorarat dilantik oleh Gubernur Maluku sebagai Penjabat Bupati Tanimbar menggantikan Ruben Moriolkossu melalui Surat Keputusan (SK) Mendagri M. TIto Karnavian nomor 100.2.1.3-6166 tahun 2023, tanggal 17 November 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan penjabat Bupati Tanimbar.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])