Pemkab Sigi Beri Insentif Bagi Guru Mengabdi di Wilayah Terpencil

Nusantaratv.com - 24 November 2022

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi menyampaikan sambutan pada upacara peringatan HUT PGRI Tingkat Kabupaten Sigi Tahun 2022, berlangsung di Desa Wayu, Kecamatan Marawola Barat, Kamis (24/11/2022) (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)
Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi menyampaikan sambutan pada upacara peringatan HUT PGRI Tingkat Kabupaten Sigi Tahun 2022, berlangsung di Desa Wayu, Kecamatan Marawola Barat, Kamis (24/11/2022) (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Sigi memberikan insentif bagi guru di daerah itu yang mengabdi di wilayah - wilayah terpencil, sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru.

"Tanpa dedikasi mereka, dapat dibayangkan bagaimana proses pembelajaran apabila gurunya tidak ada. Wajar, apabila berbagai pihak memberikan perhatian lebih terhadap kesejahteraan dan peningkatan kualitas mereka," kata Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi, di Sigi, Kamis, terkait dengan peringatan HUT PGRI Tingkat Kabupaten Sigi Tahun 2022.

Pemberian insentif bagi guru yang mengabdi/mengajar di daerah terpencil dan sangat terpencil merupakan satu inovasi yang dilakukan oleh Pemkab Sigi dan telah dimasukkan dalam RPJMD 2021 - 2026.

Berdasarkan data Pemkab Sigi, sejak tahun 2016 - 2020 pemerintah setempat telah memberikan insentif guru terpencil dan guru honorer senilai Rp8 miliar lebih, kemudian pada tahun 2021 Pemkab Sigi memberikan insentif kepada 150 orang guru selama empat bulan dengan anggaran Rp360 juta.

Di samping itu, Pemkab Sigi juga memberikan kendaraan roda dua bagi guru terpencil tahun 2016 - 2020 berjumlah 67 kendaraan senilai Rp1 miliar lebih.

"Saya berharap kawan - kawan guru bekerja dengan sungguh-sungguh, menjaga integritas, menjadi contoh dalam pendidikan karakter dan jangan mudah meninggalkan ruang kelas," kata Samuel.

Ia menyatakan bahwa meningkatkan kualitas pembelajaran adalah tugas dan tanggung jawab yang harus dipegang teguh para guru yang tergabung dalam PGRI, yang telah menjadi komitmen anggota dan pengurus PGRI Sigi.

Pemkab Sigi, kata dia, sangat berharap para guru dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pendidik dengan baik, termasuk dalam mengembangkan pembelajaran, yang disesuaikan dengan tantangan dihadapi di era ini.

"Semoga dedikasi dan pengabdian kita menjadi suluh penerang bagi bangsa, negara, dan kemanusiaan, serta sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa," ungkapnya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close