Pemkab Siak dan UGM Sepakati Kerjasama Mahasiswa KKN

Nusantaratv.com - 20 Januari 2023

Bupati Siak, Alfedri dan Rektor UGM, Prof. Dr. Ova Emilia, M.Med.Ed, SP.OG(K), Ph.d usai menadatangani perpanjangan kerjasama dalam KKN mahasiswa. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)
Bupati Siak, Alfedri dan Rektor UGM, Prof. Dr. Ova Emilia, M.Med.Ed, SP.OG(K), Ph.d usai menadatangani perpanjangan kerjasama dalam KKN mahasiswa. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, menyepakati kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, melalui kuliah kerja nyata nyata (KKN) mahasiswanya sebagai bentuk pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM), peningkatan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian di bidang kemasyarakatan.

Penandatanganan dokumen kesepakatan bersama dilakukan Bupati Siak Alfedri dan Rektor Universitas Gadjah Mada Prof Dr Ova Emilia, M Med Ed, SP.OG (K) PhD. Kegiatan berlangsung di ruang Multimedia 1, Gedung Pusat UGM, Lantai 3, Sayap Utara, Bulaksumur Kampus UGM Yogyakarta, Jumat.

"Kami dari Kabupaten Siak sudah lama kerjasama dengan UGM dan mengirimkan mahasiswa unggulan. Hingga saat ini ada 156 mahasiswa yang sudah wisuda sejak tahun 2008. Kami berharap ke depan KKN dari UGM bisa ditempatkan di Kabupaten Siak, dalam rangka mendorong kelembagaan masyarakat di daerah," kata Bupati Siak, Alfedri dalam keterangan tertulisnya.

Bupati Siak mengatakan ini merupakan kerjasama lanjutan dengan jangka waktu empat tahun dan telah berakhir pada maret 2022 lalu. Kemudian diperpanjang untuk lima tahun ke depan sehingga diharapkan membantu perubahan peningkatan sumber daya daya manusia.

Rektor Universitas Gadjah Mada Prof Ova Emilia mengatakan pihaknya melakukan kerjasama dengan sejumlah daerah di Indonesia. Salah satunya dari Kabupaten Siak.

”Kita berharap universitas lebih dekat apa yang dibutuhkan masyarakat. Tidak hanya peningkatan SDM di lapangan, namun masalah-masalah ril dengan berbagai kegiatan yang dilakukan, baik melalui penelitian atau pun KKN yang masih bergerak di seluruh Indonesia," ucapnya.

Lanjutnya, kerjasama yang dilakukan dengan pemerintah daerah, salah satunya adalah optimalisasi untuk melihat, bahwa hadirnya universitas memberikan daya ungkit dengan menyelesaikan masalah yang ada di lapangan. Dengan tindak lanjut ini, kata dia, tentunya merelevansi sinergi dalam bidang kajian strategis dan bidang kemasyarakatan.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])