Pemkab Selayar Fokus Tingkatkan SDM IPRO Tarik Investor

Nusantaratv.com - 22 November 2022

Suasana kegiatan workshop IPRO di Kabupaten Kepulauan Selayar.ANTARA/HO-Pemkab Selayar.
Suasana kegiatan workshop IPRO di Kabupaten Kepulauan Selayar.ANTARA/HO-Pemkab Selayar.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemkab Kepulauan Selayar melalui Dinas Penanaan Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK) bersama DPMPTSP Sulawesi Selatan fokus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan IPRO (Investment Project Ready to Offer) untuk menarik investor.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar H Saiful Arif, dalam keterangan resminya di Makassar, Selasa, mengatakan pentingnya peningkatan kapasitas SDM pemerintah daerah dalam menghasilkan dokumen proposal IPRO sebagai suatu instrumen promosi investasi, khususnya di sektor pariwisata, perikanan, pertanian dan perindustrian dapat terlaksana dengan baik.

IPRO merupakan dokumen investasi yang memuat data - data yang komprehensif tentang sebuah proyek investasi agar dapat menyakinkan para investor menanamkan modalnya.

Saiful mengatakan, dalam upaya menarik arus investasi di kepulauan Selayar selain menciptakan iklim investasi yang kondusif seperti penetapan Perda Nomor 04 Tahun 2019 tentang pemberian intensif dan kemudahan penanaman modal, kegiatan promosi potensi dan peluang investasi daerah juga menjadi sebuah keharusan.

Menurut dia, pemerintah daerah harus mampu menjawab kenapa investor harus berinvestasi di daerahnya dan tidak di daerah lain.

"Olehnya itu untuk menjawab hal tersebut perlu dilakukan penyusunan dokumen IPRO terhadap peluang investasi pada program unggulan daerah yang sudah di clean and clear bersesuaian dengan RT/RW dan RDTR, lahan yang sudah dibebaskan serta dilengkapi dengan perhitungan,"ujar Saiful Arif

Sementara itu, Kabid Promosi Investasi DPMPTSP Sulsel Syamsidar Sanusi mengatakan Kabupaten kepulauan Selayar, memiliki banyak potensi, tidak hanya dari segi pariwisata tapi juga komoditas lain.

Syamsidar Sanusi memberi dukungan penuh bagi Kabupaten Kepulauan Selayar dalam upaya menggiatkan investasi dan meningkatkan investasi di Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Workshop IPRO ini diharapkan dapat menelurkan banyak SDM yang mampu menghasilkan banyak IPRO berkualitas yang dapat mendorong peningkatan nilai investasi yang dapat membantu mengangkat perekonomian masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar," urainya.

"Sehingga potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Kepulauan Selayar tidak hanya dikenal didalam negeri tapi juga di luar negeri,” sambung Syamsibar.

Hadir dalam Workshop IPRO yakni Gatot Subyargo Wijayadi ( Tim Ahli IPRO Kementerian Investasi BKPM RI ) dan Direktur PT Surveyor Indonesia.

Termasuk Forkopimda Kepulauan Selayar, para Staf Ahli Bupati Kepulauan Selayar, para Asisten Sekretariat Daerah, para kepala OPD, para kepala bagian Sekretariat Daerah dan para Camat Kabupaten Kepulauan Selayar.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close