Pemkab Purwakarta Jadi Badan Publik Yang Informatif

Nusantaratv.com - 09 Desember 2022

Ilustrasi - Gapura khas Kabupaten Purwakarta, Jabar. (FOTO ANTARA/Ali Khumaini/dok)
Ilustrasi - Gapura khas Kabupaten Purwakarta, Jabar. (FOTO ANTARA/Ali Khumaini/dok)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, menjadi badan publik yang terbuka dan informatif seiring dengan diraihnya penghargaan dari Badan Publik Provinsi Jawa Barat tahun 2022.

"Alhamdulillah, dengan diraihnya penghargaan ini, semoga dapat menjadi motivasi," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Jumat.

Diharapkan ke depannya, Pemkab Purwakarta bisa lebih baik lagi dalam menyajikan informasi publik, baik Informasi yang disajikan secara berkala, serta merta, dan setiap saat.

Sementara itu, dalam keterangannya, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan keterbukaan informasi dapat menjadi dasar pengambilan keputusan dan kebijakan.

Ia mengatakan, kemajuan teknologi informasi di era digital memiliki sisi positif dan negatif.

Atas hal tersebut, Pemprov Jabar akan terus mendorong pemanfaatan digital, untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Pada saat bersamaan, pihaknya juga berupaya menekan sisi negatif dari kemajuan teknologi informasi dengan membentuk Jabar Saber Hoaks untuk menangkal hoaks sekaligus meningkatkan literasi digital masyarakat.

"Kita membentuk (Jabar) Saber Hoaks yang sekarang alhamdulillah mampu mengantisipasi berita-berita bohong. Pemprov Jabar melalui Diskominfo juga terus memberikan pemahaman, penyegaran, dan pendidikan. Mari kita manfaatkan loncatan teknologi ini dengan bijaksana," katanya.

Ketua Komisi Informasi Jabar Ijang Faisal melaporkan, berdasarkan pengukuran keterbukaan informasi badan publik melalui monitoring dan evaluasi, hasil Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) Jabar pada 2022 terbaik se-Indonesia dengan nilai 81,93 poin.

Menurut dia, pencapaian nilai tersebut di atas rata-rata nasional, yakni 74,43 poin.

Ia menyebutkan kalau capaian tersebut linear dengan lonjakan hasil monev tingkat Jabar.

Pada 2021, hanya 18 badan publik yang dinyatakan informatif dan mendapatkan penghargaan. Tahun ini, jumlah tersebut melonjak signifikan menjadi 46 badan publik.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])