Pemkab Pastikan Pesawat Amfibi Akan Beroperasi di Kepulauan Selayar

Nusantaratv.com - 01 Februari 2023

Ilustrasi. Pesawat amfiibi yang akan segera beroperasi di Kepulauan Selayar, Provinsi Sulsel. FOTO ANTARA/dok.
Ilustrasi. Pesawat amfiibi yang akan segera beroperasi di Kepulauan Selayar, Provinsi Sulsel. FOTO ANTARA/dok.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memastikan bahwa jenis pesawat amfibi yang bisa mendarat di darat dan juga di air bakal beroperasi di Selayar.

Wakil Bupati Selayar, Syaiful Arif melalui taklimat media yang diterima di Makassar, Rabu menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan konferensi video dengan pihak penyedia pesawat yakni PT Travindo Jaya Bajo dan PT Indo Soemore Jaya.

"Fasilitas yang perlu kita siapkan, antara lain dermaga jeti, navigator flight, dan pemandu dari Bandara Aroepala," katanya.

Sebab pihak penyedia pesawat akan mengupayakan penerbangan langsung ke Selayar dengan sistem carter. Pesawat carteran ini, bisa melayani penumpang dari luar ke Selayar, dan juga dari Selayar daratan ke wilayah kepulauan.

Menanggapi rencana ini, Wabup meminta spesifikasi dermaga jeti yang dibutuhkan, dan kapasitas pesawat yang akan dioperasikan. Sebab pesawat amfibi tersebut juga diharapkan bisa melayani pengiriman sembako untuk kecamatan kepulauan pada musim cuaca ekstrem.

"Telah diinformasikan bahwa kedalaman dari permukaan air yang dibutuhkan minimal 2 meter, bagian pesawat yang tenggelam adalah 60 cm," katanya.

Rencananya, pihak penyedia pesawat akan berkunjung ke Selayar melihat langsung kondisi eksisting infrastruktur dan potensi pariwisata di Selayar terutama Desa Wisata Bahuluang dan Pasi Gusung.

Pihak PT Travindo Jaya Bajo dan PT Indo Soemore Jaya juga akan melakukan upaya pelestarian lingkungan lewat manajemen sampah yang akan ditingkatkan melalui pembinaan, serta akan dibuat program "plastik sekali pakai dari Selayar".

"Mereka akan membantu kita membuat Selayar menjadi lebih menarik untuk mengundang investor dan dikunjungi wisatawan. Ada beberapa hal yang perlu kita benahi, seperti tempat makan, akomodasi, sistem transportasi, dan kebersihan," demikian Syaiful Arif.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])