Pemkab Gunung Mas Bantu Biaya Pendidikan Kepada 129 Mahasiswa

Nusantaratv.com - 23 November 2022

Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing (kiri) mendampingi Asisten I Lurand, saat menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada mahasiswa di Kuala Kurun. (ANTARA/Chandra)
Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing (kiri) mendampingi Asisten I Lurand, saat menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada mahasiswa di Kuala Kurun. (ANTARA/Chandra)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyalurkan dana senilai Rp495 juta untuk membantu biaya pendidikan 129 mahasiswa dari kabupaten setempat.

"Sebanyak 129 orang mahasiswa penerima beasiswa itu, rinciannya terdiri dari 87 orang mahasiswa berprestasi dan 42 mahasiswa kategori kurang mampu,” kata Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing di Kuala Kurun, Rabu.

Untuk mahasiswa berprestasi masing-masing mendapat beasiswa senilai Rp4 juta, dengan total anggaran Rp348 juta. Sedangkan mahasiswa dari keluarga kurang mampu masing-masing menerima beasiswa senilai Rp3,5 juta, dengan total anggaran Rp147 juta.

Penyaluran bantuan biaya pendidikan kepada para mahasiswa ini dalam rangka pelaksanaan salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas yakni smart human resources atau sumber daya manusia yang cerdas.

Pemberian beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dilakukan dalam rangka mendukung mereka agar lebih bersemangat dalam belajar. Sedangkan untuk mahasiswa berprestasi merupakan bentuk penghargaan agar mereka lebih cepat menyelesaikan pendidikan.

”Jangan melihat bantuan tersebut dari nilainya, tetapi ini merupakan salah satu bentuk dukungan kita. Kami ingin mahasiswa memanfaatkan beasiswa untuk membeli keperluan belajar mereka,” kata Efrensia.

Perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gunung Mas ini menyatakan sebenarnya pemkab menerima banyak permohonan beasiswa dari mahasiswa. Namun, karena keterbatasan anggaran, permohonan beasiswa tersebut tidak dapat diakomodir semuanya.

Sementara itu, Dandi, salah satu mahasiswa kurang mampu yang menerima beasiswa dari Pemkab Gunung Mas, menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan sosial yang disalurkan kepada dirinya dan mahasiswa lain.

“Saya dari keluarga kurang mampu, dan sudah tiga kali menerima beasiswa dari Pemkab Gunung Mas. Bantuan ini sangat membantu saya dalam memenuhi keperluan hidup selama menjalani masa kuliah,” kata Dandi.*(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close