Pemkab berharap pemerintah pusat bantu penanganan bencana di Sangihe

Nusantaratv.com - 11 November 2022

Penjabat Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan saat menyerahkan proposal bantuan kepada BNPB. ANTARA/HO-Pemkab Sangihe
Penjabat Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan saat menyerahkan proposal bantuan kepada BNPB. ANTARA/HO-Pemkab Sangihe

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemkab berharap pemerintah pusat bantu penanganan bencana di pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara  meminta pemerintah pusat membantu penanganan korban bencana dengan merealisasikan permohonan bantuan bencana alam kepada BNPB.

"Kami sudah sampaikan proposal kepada BNPB guna penanganan bencana alam akibat gelombang pasang yang melanda Sangihe akhir Oktober 2022 yang lalu," kata Penjabat Bupati Rinny Tamuntuan di Sangihe, Jumat.

Ia menyebut proposal bantuan diterima oleh Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penangulangan Bencana Rustian.

Ia berharap BNPB dapat memberikan bantuan bagi masyarakat Sangihe yang terdampak bencana termasuk pembangunan rumah yang rusak.

"Kabupaten Kepulauan Sangihe yang berada di wilayah perbatasan dengan letak geografisnya sering mengalami bencana yang diakibatkan badai dan gelombang pasang. Kiranya kami yang berada di wilayah perbatasan ini mendapat perhatian prioritas dari pemerintah pusat melalui BNPB." kata Tamuntuan.

Dalam kesempatan itu, Penjabat Bupati Rinny Tamuntuan didampingi Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Sangihe Eric Marentek dan Kabag Kerjasama Pemkab Sangihe Viva Masoa.

Rustian menyambut baik langkah yang diambil Pemerintah Kabupaten Sangihe dan segera mempelajari proposal yang diajukan oleh Penjabat Bupati Rinny Tamuntuan.

"Kami akan pelajari dan hitung berapa kerugian yang ditimbulkan sehingga dapat diberikan bantuan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku," kata Rustian.

BNPB, kata dia, juga berupaya memberikan prioritas terhadap daerah perbatasan, termasuk Kabupaten Kepulauan Sangihe.

"Semoga permohonan ini segera terealisasi untuk pembangunan rumah masyarakat korban bencana serta fasilitas umum yang rusak di Kabupaten Kepulauan Sangihe," kata dia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close