Pemkab Batang Pastikan Harga Kebutuhan Pangan Masih Stabil

Nusantaratv.com - 28 November 2022

Pedagang sembako di Pasar Tradisional Kabupaten Batang sedang menunggu pembeli. (ANTARA/HO-Humas Kabupaten Batang)
Pedagang sembako di Pasar Tradisional Kabupaten Batang sedang menunggu pembeli. (ANTARA/HO-Humas Kabupaten Batang)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memastikan harga kebutuhan pangan di pasaran menjelang Natal 2022 dan tahun baru 2023 masih stabil karena stok bahan pangan melimpah dan pasokannya juga lancar.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Batang Subiyanto di Batang, Senin, mengatakan berdasar hasil pantauan di pasar tradisional, Senin (28/11), harga kebutuhan pangan masih stabil jika pun ada kenaikan masih dalam batas wajar.

"Saat ini, kami pastikan harga kebutuhan pangan masih stabil dan diharapkan (stabil harga) bisa hingga akhir tahun 2022," katanya.

Sejumlah harga kebutuhan pokok yang masih stabil yaitu beras premium Rp12 ribu per kilogram, beras medium Rp10 ribu/ kilogram, gula pasir Rp13 ribu/ kilogram, dan daging sapi Rp126 ribu/ kilogram.

Kemudian, harga komoditas lain yang mengalami kenaikan, antara lain yaitu telur ayam Rp28 ribu/ kilogram naik dari harga normal Rp25 ribu/ kilogram, cabai merah Rp30 ribu/ kilogram, minyak curah Rp14.750/ kilogram, dan kedelai Rp13,5 ribu/ kilogram.

Subiyanto  memperkirakan kenaikan harga kebutuhan pangan dapat terjadi sepekan menjelang perayaan Natal 2022, meski kenaikannya masih dalam batas wajar.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pangan, kata dia, pihaknya bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Batang segera melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional.

Ia yang didampingi Kepala Bidang Perdagangan Endang Rahmawati menyampaikan pemantauan harga komoditas terus dilakukan dengan menggelar inspeksi mendadak setiap bulannya.

Berdasar hasil pantauan, disebutkan ada tiga komoditas penyumbang inflasi yang rawan mengalami kenaikan harga yaitu beras, telur, dan minyak goreng.***1***(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close