Pemkab Bangka Luncurkan Aplikasi Siswaskuedes

Nusantaratv.com - 19 November 2022

Peluncuran penggunaan sistem aplikasi Siswaskuedes di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (18/11/2022). (ANTARA/Kasmono)
Peluncuran penggunaan sistem aplikasi Siswaskuedes di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (18/11/2022). (ANTARA/Kasmono)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meluncurkan sistem layanan aplikasi berbasis elektronik Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskuedes) guna mempermudah pengawasan pengelolaan dana desa.

Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Jumat, mengatakan sistem layanan aplikasi Siswaskuedes diperlukan agar tata kelola keuangan desa semakin baik.

"Selain mempermudah pengawasan, sistem aplikasi ini juga membantu pemerintah desa dalam melakukan perencanaan pembangunan dan transparansi pertanggungjawaban keuangan," kata Mulkan.

Dia berharap seluruh kepala desa memanfaatkan sistem teknologi informasi tersebut dalam perencanaan pembangunan, sehingga program kerja pembangunan menjadi tepat sasaran dan memberikan kontribusi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Mulkan juga mengapresiasi sejumlah pemerintah desa di lima kecamatan yang telah menyerap anggaran rata-rata di atas 80 persen.

Penyerapan anggaran di atas 80 persen itu dilihat dari hasil dicapai dengan adanya pemantauan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sejak triwulan I, triwulan III, dan diteruskan triwulan ke IV ke desa-desa di kecamatan Kabupaten Bangka.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Bangka Darius mengatakan sistem aplikasi Siswaskuedes mempermudah pihaknya dalam melakukan pengawasan pengelolaan keuangan desa.

"Kami akan memantau keuangan desa mulai dari perencanaan sampai dengan pengelolaan melalui sistem aplikasi Siswaskuedes," ujar Darius.

Apabila kemudian terjadi kendala dalam penggunaan aplikasi tersebut, Darius mengatakan akan segera dilakukan perbaikan sehingga dapat digunakan dengan baik.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close