Pemkab Balangan Beri Pelayanan ke Rumah Pasien Bagi ODGJ

Nusantaratv.com - 07 Februari 2023

Petugas Puskesmas Paringin saat melayani warga Desa Mangkayahu, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan dalam program homecare, Selasa (7/2/2023). ANTARA/Ragil Darmawan
Petugas Puskesmas Paringin saat melayani warga Desa Mangkayahu, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan dalam program homecare, Selasa (7/2/2023). ANTARA/Ragil Darmawan

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan, menerapkan pelayanan ke rumah pasien (homecare) bagi penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) hingga warga berpenyakit lainnya.

"Kami selalu siap saat dipanggil ke rumah warga dan melayani berbagai keluhan, dan seperti ODGJ yang mengamuk, meskipun itu bukan pasien homecare tapi kami juga datang melayani," tutur Kepala Puskesmas Paringin dr Aulia Asmi Setiawaty di Paringin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa.

Aulia mengatakan program kesehatan "jemput bola" dari puskesmas itu tidak ada libur bagi tenaga kesehatan karena selalu berkeliling ke setiap rumah warga.

Ia menyebutkan program homecare pelayanan kesehatan direspons baik oleh masyarakat, bahkan sejumlah warga cepat pulih dari sakit.

"Kami selalu rutin mengunjungi dan memantau perkembangan pasien homecare, bahkan kami juga memberikan edukasi serta pemahaman tentang kesehatan," ujar Aulia.

Aulia mengungkapkan melalui program homecare tingkat kesembuhan pasien kronis lumayan tinggi karena pasien bisa terkontrol perkembangannya.

Diketahui, program homecare ini merupakan salah satu program unggulan Pemkab Balangan dalam bidang kesehatan, sampai saat ini seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Balangan telah menjalankan secara rutin, berkeliling ke rumah warga.

Salah satu warga Balangan, Lestari, sangat mengapresiasi dan mendukung penuh program homecare yang dijalankan oleh Pemkab Balangan melalui puskesmas setempat.

"Semoga program ini terus berlanjut ke depannya, karena program ini sangat bermanfaat sekali untuk warga masyarakat," ucap Lestari.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])