Pemkab Badung Jajaki Kerja Sama Dengan Pemerintah Inggris

Nusantaratv.com - 07 Februari 2023

Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menerima kunjungan Wakil Dubes Inggris Matthew Downing di Puspem Badung, Selasa (7/2). ANTARA/HO-Pemkab Badung
Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menerima kunjungan Wakil Dubes Inggris Matthew Downing di Puspem Badung, Selasa (7/2). ANTARA/HO-Pemkab Badung

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Badung Bali menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Inggris khususnya di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan serta ekonomi.

"Di bidang pendidikan kami mengharapkan kerja sama dapat terealisasi seperti melalui program pertukaran pelajar atau mahasiswa dan juga pemberian kesempatan belajar dalam bentuk beasiswa di negara Inggris," ujar Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa menerima kunjungan Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Matt Downing di Mangupura, Selasa.

Ia mengatakan selain potensi kerja sama dalam bidang pendidikan, saat ini Pemkab Badung juga sedang fokus pada penanganan sampah terutamanya sampah kiriman yang berasal dari luar Badung.a

"Permasalahan sampah ini dikhawatirkan akan berdampak pada kedatangan wisatawan ke Badung. Dengan adanya kehadiran ini kami bisa saling berbagi mengenai solusi penangan limbah dan polusi," kata dia.

Di hadapan Matthew Downing, Sekda Adi Arnawa menjelaskan pascapandemi COVID-19 saat ini Kabupaten Badung sudah mulai bangkit dari keterpurukan karena Badung hidup melalui sektor pariwisata.

"Dengan suksesnya penyelenggaraan KTT G20 yang dilaksanakan di Bali, kami mulai bergeliat dan bangkit sehingga pendapatan di Badung semakin meningkat," ungkap dia.

Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Matt Downing menjelaskan Pemerintah Inggris akan terus mendorong pengembangan dan kemajuan pendidikan.

Terkait rencana British Council yang akan membangun IELTS Test Centre di Bali, sebelumnya British Council telah melakukan kerja sama dengan Pemkot Denpasar.

"Ke depannya ini juga akan kami lakukan di Kabupaten Badung. Hal ini sebagai sebuah bentuk dukungan kepada generasi muda Bali khususnya Badung terutama dalam hal meningkatkan kapasitas kemampuan Bahasa Inggris," tambah dia.

Dengan begitu menurutnya masyarakat Bali tidak perlu lagi jauh jauh datang ke Surabaya atau ke Jakarta untuk mengikuti IELTS Test.

"Sebentar lagi di Bali akan memiliki IELTS Test Centre untuk menunjang kemampuan bidang Bahasa Inggris bagi warga Bali," pungkas Matt Downing.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])