Pemkab Agam Vaksinasi 3.100 Ekor Hewan Peliharaan Cegah Rabies

Nusantaratv.com - 07 Februari 2023

Kepala Dinas Pertanian Agam Afniwirman.
Kepala Dinas Pertanian Agam Afniwirman.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, selama 2022 memvaksinasi sebanyak 3.100 ekor hewan peliharaan dalam mencegah penularan rabies di daerah itu.
 
Kepala Dinas Pertanian Agam Afniwirman di Lubukbasung, Selasa, mengatakan pemberian vaksinasi itu melebihi target pada 2021 hanya 2.500 ekor.
 
"Pemberian vaksinasi melebihi target hewan peliharaan dengan jenis anjing, kucing dan lainnya dibandingkan 2021," katanya didampingi Fungsional Medik Veteriner Dinas Pertanian Agam Sri Hilmayeni.
 
Ia mengatakan pemberian vaksinasi tersebut di 16 kecamatan dengan melibatkan petugas Unit Pelaksana Tekni (UPT) Kesehatan Hewan.
 
Pemberian vaksinasi dalam upaya mencegah penularan rabies di daerah itu yang beresiko terhadap manusia.
 
Pada 2022, tercatat enam kasus hewan peliharaan yang positif rabies dan kasus ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya delapan kasus.
 
"Kasus hewan peliharaan yang positif rabies turun dua kasus dan ini berkat upaya kita dalam memberikan vaksinasi untuk mencegah penularan," katanya.
 
Ia menambahkan Dinas Pertanian Agam pada 2023 menargetkan untuk memberikan vaksinasi bagi 2.000 ekor hewan peliharaan dengan vaksin yang disediakan 1.000 dosis.
 
Ini belum termasuk bantuan vaksin dari Pemerintah Provinsi Sumbar yang setiap tahun didapat.
 
"Pelaksanaannya sudah dimulai sejak awal Januari 2023 dan datanya masih dalam tahap pelaporan dari Puskeswan," katanya.
 
Ia mengimbau masyarakat agar meningkatkan kesadaran dalam pemberian vaksinasi pada hewan peliharaan, sehingga kasus rabies bisa diminimalisir.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])