Putuskan Idul Fitri Besok, Menag: Semoga Bisa Rayakan Lebaran Bersama-sama

Nusantaratv.com - 09 April 2024

Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers penetapan 1 Syawal 1445 Hijriyah. (YouTube)
Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers penetapan 1 Syawal 1445 Hijriyah. (YouTube)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pemerintah memutuskan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri, jatuh pada esok hari. Ini merupakan hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) dan pihak terkait lainnya. 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap, dengan hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam bisa merayakan lebaran secara bersama-sama. 

"Dan tentunya kita berharap dengan hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam Indonesia dapat merayakan bersama-sama dengan penuh sukacita," ujar Yaqut. 

Menag juga ingin, agar hasil penetapan 1 Syawal ini menjadi bentuk nyata kebersamaan umat Islam Tanah Air dalam berbagai hal. 

"Mudah-mudahan keputusan ini merupakan wujud kebersamaan umat Islam di seluruh Indonesia baik dalam menjalankan ibadah, maupun dalam bermusyawarah, bermufakat, bermasyarakat di dalam naungan tanah air yang sama," papar dia. 

Diketahui, keputusan pemerintah ini membuat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah berlangsung berbarengan antara pemerintah, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU). Baik NU dan Muhammadiyah, merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia. 

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan bahwa Lebaran 2024 jatuh pada tanggal 10 April 2024. Keputusan itu merupakan kesepakatan dari seluruh pihak yang terlibat dalam sidang isbat atau forum penentuan 1 Syawal 1445 Hijriah.  

"Bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024 Masehi," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close