Pemerintah: Omicron Terkendali Saat Libur Lebaran

Nusantaratv.com - 10 Mei 2022

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut kasus virus corona (Covid-19) varian Omicron masih terkendali selama Idulfitri 1443 H. Luhut mengatakan, jika melihat laporan penambahan kasus Covid-19 secara nasional selama 25 hari berturut-turut, kasus Covid harian di Indonesia berada di bawah 1.000 kasus.

"Kami meyakini bahwa kondisi varian Omicron di Indonesia di tengah momen libur Idulfitri yang lalu, hingga saat ini masih sangat terkendali," ujar Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/5/2022).

Luhut mengatakan, tren perbaikan kasus Covid di Tanah Air terlihat pada rawat inap yang secara nasional turun sampai 97 persen. Tingkat hunian tempat tidur rumah sakit pun dilaporkan rendah, hanya dua persen dari keseluruhan tempat tidur yang tersedia.

Luhut yang merupakan Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, juga menyebut seluruh kabupaten/kota di Jawa-Bali hingga hari ini mengalami penurunan kasus mencapai 99 persen, dibandingkan puncak kasus Omicron beberapa waktu lalu.

"Selain itu kasus kematian juga turun hingga 98 persen yang disebabkan oleh varian Omicron dan positivity rate berada di bawah 0,7 persen," kata dia.

Meski tren perbaikan kasus Covid terus berlangsung, Luhut memastikan pemerintah bakal terus memberlakukan PPKM hingga waktu yang belum ditentukan. Peraturan PPKM menurut Luhut bakal terus dipermudah dan dilonggarkan, tapi akan tetap mengikuti standar protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close