Pemerintah Kabupaten Siak Kampanyekan Upaya Pencegahan Diabetes

Nusantaratv.com - 14 November 2022

Pemerintah Kabupaten Siak kampanyekan upaya pencegahan diabetes
Pemerintah Kabupaten Siak kampanyekan upaya pencegahan diabetes

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Siak di Provinsi Riau mengampanyekan upaya pencegahan diabetes melitus atau kencing manis, penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung.

"Saya mengajak segenap komponen masyarakat, mari kita tingkatkan derajat kesehatan semaksimal mungkin dengan selalu memeriksakan kesehatan secara berkala di puskesmas dan rumah sakit terdekat serta menjaga pola makan sehat yang teratur," kata Wakil Bupati Siak Husni Merza pada peringatan Hari Diabetes Sedunia di Kecamatan Lubuk Dalam, Senin.

Menurut data Dinas Kesehatan, ada 26.909 kasus baru diabetes melitus pada penduduk berusia di atas 15 tahun di Kabupaten Siak selama kurun 2019 sampai September 2022.

"Data ini bisa saja meningkat jika semua penduduk Kabupaten Siak memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan," kata Husni.

Sementara itu, jumlah penderita diabetes di Indonesia menurut data Kementerian Kesehatan meningkat dari 10,7 juta orang pada 2019 menjadi 19,5 juta orang pada 2021. Angka tersebut menempatkan Indonesia di peringkat kelima negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia.

Diabetes terjadi karena insulin tidak dihasilkan atau tidak bekerja dengan baik, sehingga gula menumpuk di darah. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan, tetapi dapat dikendalikan agar tidak menimbulkan komplikasi.

Wakil Bupati mengemukakan pentingnya penerapan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit diabetes.

Penyakit diabetes bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, termasuk menjaga berat badan ideal, rutin melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, tidak merokok dan mengonsumsi alkohol, mengonsumsi makanan sehat, serta mengurangi asupan gula, garam, dan lemak jenuh.

Pemeriksaan kadar gula darah secara rutin juga penting dalam upaya pencegahan diabetes.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Siak menyelenggarakan pelayanan pemeriksaan kadar gula darah bagi warga berusia di atas 15 tahun pada Hari Diabetes Sedunia, yang diperingati setiap 14 November.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close