Pembukaan MTQ Nasional 2022 Kalimantan Selatan akan Digelar di Kiram Park

Nusantaratv.com - 21 Maret 2022

Logo MTQ Nasional 2022 di Kalsel/ist
Logo MTQ Nasional 2022 di Kalsel/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX tingkat nasional pada 2022. Kegiatan dijadwalkan akan berlangsung pada 10-19 Oktober 2022. 

Kegiatan MTQ Nasional 2022 di Kalsel akan dibagi di 3 daerah, yakni Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin dengan peserta sekitar 6.000 orang. Setiap provinsi akan mengirimkan 50 sampai 100 orang.

Tempat pembukaan MTQ Nasional 2022 direncanakan di objek Wisata Kiram Park Kabupaten Banjar.

Kiram Park adalah objek wisata yang menyajikan keindahan alam, gunung, dan pepohonan.

Tempat ini dinilai cocok untuk kegiatan besar, seperti MTQ nasional karena memiliki lapangan cukup luas. Di lokasi itu juga ada Masjid Bambu.

Meski begitu, kemungkin penundaan atau perubahan mekanisme penyelenggaraan masih bisa terjadi.

Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin, Senin (21/3/2022), menyampaikan, pelaksanaan MTQ Nasional 2022 bisa saja terkendala hal darurat misalnya melonjaknya kasus positif Covid-19.

Namun Pemprov Kalsel sudah siap, jika ada kemungkinan pelaksanaan diundur atau dengan mekanisme lain.

"Terkecuali kondisi darurat lagi seperti Covid-19 kembali naik tinggi, bisa saja diundur, tapi kita tetap sudah siap," ujar Muhidin.

Muhidin memastikan hingga kini pihaknya terus melakukan persiapan untuk menyukseskan kegiatan nasional tersebut.

Ia menambahkan, Pemprov Kalsel terus membenahi serta membangun sarana dan prasarana penunjang yang memadai untuk menyukseskan MTQ Nasional 2022.

Kemudian, Pemprov Kalsel juga akan menyiapkan suvenir untuk para peserta dan tamu. Salah satunya, Al-Qur'an dengan terjemahan Bahasa Banjar. 

Selain itu, Pemprov Kalsel juga akan menyematkan makanan Iwak Rabuk Haruan sebagai oleh-oleh yang rencananya dibagikan kepada tamu undangan VIP pada perhelatan MTQ Nasional 2022.

Bahkan Kitab Sabilal Muhtadin juga akan dibagikan kepada para tamu VIP sebagai cendera mata. (dari berbagai sumber)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close