Pembangunan IPAL Palembang Telah Mencapai 93 Persen

Nusantaratv.com - 02 Februari 2023

Pekerja menyelesaikan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sei Selayur di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (2/2/2023). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Pekerja menyelesaikan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sei Selayur di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (2/2/2023). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan, menyebutkan Pembangunan Instalasi Proyek Air Limbah (IPAL) Sei Selayur progresnya telah mencapai 93 persen.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Kamis, mengatakan proyek IPAL akan tersambung sebanyak 22.000 ke masing-masing rumah dan perkantoran di kota ini.

“Setelah pembangunan induk IPAL ini selesai akan dilanjutkan ke tahapan penyambungan ke rumah-rumah dan juga perkantoran,” katanya.

Namun ia mengatakan untuk sambungan tersebut itu difokuskan pada kawasan yang terdekat dari pipa jaringan induknya yakni kawasan anak Sungai Sekanak Lambidaro.

Untuk mempercepat pembangunan pipa sambungan IPAL, kata dia, pada tahun ini Pemkot Palembang akan menganggarkan Rp26 miliar dan Pemprov Sumsel sebesar Rp20 miliar.

“Nantinya juga ada bantuan dari Pemerintah Australia yakni sebesar Rp20 miliar untuk sambungan tersebut,” ujarnya.

Ia mengatakan IPAL akan dilakukan uji coba atau commisioning yang dijadwalkan pada Mei 2023.

“Syarat commisiong itu harus membutuhkan limbah 1.500 meter per kubik. Pada saat pengujian coba IPAL itu akan dipasang sekitar 1.400 pipa sambungan,” jelasnya.

Pembangunan IPAL ini untuk sanitasi sesuai program pemerintah pusat untuk "Gerakan 100-0-100" yaitu 100 persen akses air minum yang layak, 0 persen pemukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi yang layak, kata Harnojoyo

Sementara Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang Andi Wijaya mengatakan terkait instalasi rumah tangga itu pihaknya ditunjuk sebagai operator, sedangkan soal tarif akan melakukan pengkajian dengan melibatkan para konsultan.

"Kami minta nanti konsultan memberikan alternatif tarif yang nantinya akan dipilih Pemkot Palembang," kata dia. Paling tidak estimasi tarif 30 persen dari tarif air bersih PDAM.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])