Pembangunan Gedung DPR di IKN Ternyata Bukan Tahun Ini, Kapan?

Nusantaratv.com - 18 Maret 2024

Desain kantor kementerian di IKN. (Antara)
Desain kantor kementerian di IKN. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, membeberkan soal rencana pembangunan gedung DPR RI. Menurut dia, saat ini pembangunan gedung parlemen sedang dalam proses didesain oleh Kementerian PUPR.

"Sedang dibicarakan dan didesain oleh teman-teman dari PUPR," ujar Bambang di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Ia menuturkan, berdasarkan jadwal, pembangunan gedung DPR akan dimulai pada 2025. Pihaknya mengusahakan agar tiga unsur kenegaraan, yakni eksekutif, yudikatif, dan legislatif, lengkap di IKN.

"Kalau di jadwal kalau tidak salah mulai tahun depan ya, di 2025," ujar Bambang.

"Ya kita lihat nanti. Kan itu semuanya kan kita ingin agar ada kelengkapan dari trias politica di sana, yudikatifnya ada, legislatifnya ada, eksekutifnya ada sehingga memang IKN itu berfungsi sebagai ibu kota yang menyeluruh," imbuhnya.

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebelumnya mengusulkan 30 lembaga di luar kementerian atau lembaga untuk menetap sementara di Daerah Khusus Jakarta (DKJ), seraya menunggu pemindahan Ibu Kota Negara. Adapun lembaga yang dimaksud antara lain DPR, DPD, KPK, dan LPSK.

"Jadi inilah yang tadi dirumuskan oleh beberapa menteri setelah membaca semua aturan-aturan dan termasuk lembaga-lembaga yang jumlahnya selain kementerian lembaga itu ada 30," ujar Suhajar dalam rapat dengan Baleg DPR RI, Jumat (15/3/2024).

"Jadi ada 30 lembaga di luar kementerian lembaga Pak, termasuk DPR, DPD, KPK, LPSK segala macam itu ada 30 maka sudah tertuang semua, terangkum semua di sini gitu, Pak," tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close