Pelaku Diduga Sama, Kasus QRIS Palsu Juga Ditemukan di Masjid Al-Azhar

Nusantaratv.com - 10 April 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Dua belas stiker kode QR Standar Indonesia (QRIS) palsu juga ditemukan di kotak amal Masjid Al-Azhar Jakarta Selatan. Stiker kode pembayaran tersebut dipasang seorang pria tak dikenal.

Ini dibenarkan oleh Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar Kebayoran Baru Iding. Dia mengatakan peristiwa tersebut baru disadari pihaknya pada Minggu (9/4/2023) malam.

"Kalau di Al-Azhar itu baru tadi malem tahunya. Ketika kita menemukan hal yang aneh, ada perbedaan antara stiker yang biasa (QRIS asli) dengan stiker yang ditempel oleh pelaku (QRIS palsu)," ujarnya, Senin (10/4/2023). 

Berdasarkan pemeriksaan CCTV, kata dia, seorang pria menempelkan stiker QRIS palsu itu pada Kamis (6/4/2023) pagi. Iding mengaku tak kenal dengan pria itu. 

"Kalau dilihat dari CCTV, itu tanggal 6 (April), sekitar jam 8 pagi," ucapnya.

Ditanya mengenai perawakan pria yang dimaksud, Iding mengatakan pria yang menempelkan QRIS palsu di Masjid Al-Azhar mirip dengan video seorang pria yang beredar di media sosial.

"Orangnya iya, mungkin seperti banyak yang beredar di media sosial itu orangnya sama. Pria agak gemuk, pakai baju warna biru," jelas dia.

Sebelumnya, pria misterius juga diketahui memasang QRIS palsu di kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan. Saat di-scan, QRIS palsu itu ditujukan untuk 'Restorasi Masjid' dengan keterangan lokasi di Medan.

Sekretaris DKM Masjid Nurul Iman Blok M Square Habibi Kati menjelaskan, peristiwa  itu baru disadari pihaknya pada Minggu (9/4/2023) lalu. Setelah memeriksa rekaman kamera CCTV, lanjutnya, diketahui pria misterius itu menjalankan aksinya pada Kamis (6/4/2023).

Dia mengatakan QRIS palsu itu ditempelkan di berbagai titik sekitar masjid. Dari dinding hingga kotak-kotak amal yang ada di masjid.

"Ada sekitar 20 (QRIS palsu ditempeli dinding dan kotak amal)," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close