Pekerja Meninggal Tertimbun Tanah Longsor Di Kabupaten Bandung, Satu Luka-luka

Nusantaratv.com - 26 Mei 2022

Tanah longsor di pasir Jambu Kabupaten Bandung. foto: Saifal Ode
Tanah longsor di pasir Jambu Kabupaten Bandung. foto: Saifal Ode

Penulis: Saifal Ode

Nusantaratv.Com -- Satu orang pekerja bernama Sapidi (50) yang tengah membangun Tanggul Penahan Tanah (TPT) meninggal dunia tertimbun tanah longsor, sementara satu lagi mengalami luka-luka.

Sebelumnya 5 orang pekerja sedang membangun tanggul penahan tanah, di desa Cibodas, Kecamatan Pasir Jambu, kabupaten Bandung, Jawa Barat, senin (23/5/) lalu. Pembangunan dilakukan lantaran warga sekitar khawatir terjadi longsor, namun nahas saat menggali tanah, terjadi tanah longsor, hingga menimbun pekerja.

"Pemilik rumah itu merasa ga nyaman jadi inisiatif bikin tanggul sendiri, yang meninggal satu yang luka satu, keduanya asli orang Garut," kata Yayan warga sekitar.

Jenazah dan satu orang yang mengalami luka berat langsung di bawa ke Garut karena para pekerja merupakan warga Garut.

Selain itu longsor dengan ketinggian 10 meter mengancam dua rumah warga, satu rumah sudah nyaris tergerus longsor, sedangkan satu lagi ditanggul menggunakan bambu dan karung tanah.

Sebelumnya warga sudah melapor ke pemerintah desa namun belum ada perbaikan hingga saat ini.

'Harapan kami sebagai warga ketika ada kejadian langsung ditangani, bukan hanya datang di foto kemudian lama pengerjaannya," kata Nani warga yang rumahnya terancam longsor.

Warga khawatir rumah mereka tergerus oleh longsor sehingga mereka harus mengungsi.

"Harapannya ada kejadian gini pemerintah lebih peka lagi terhadap masyarakat, apalagi didepan sana lebih parah takut rumahnya kebawa juga, jangan ketika pemilu saja datang kesini minta dicoblos," ujar Nani.

Saat ini warga masih di bertahan di rumah masing-masing, sebab tidak ada pilihan lain lagi selain bertahan di rumah mereka meski warga dihantui oleh rasa takut ketika terjadi longsor.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close