Pekan Depan, Donald Trump Umumkan Pencalonan Presiden 2024

Nusantaratv.com - 12 November 2022

Mantan Presiden AS Donald Trump dan istrinya Melania berjalan di luar tempat pemungutan suara selama pemilihan paruh waktu di Palm Beach, Florida, AS, pada 8 November 2022. (Reuters)
Mantan Presiden AS Donald Trump dan istrinya Melania berjalan di luar tempat pemungutan suara selama pemilihan paruh waktu di Palm Beach, Florida, AS, pada 8 November 2022. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Donald Trump bakal mengumumkan pencalonan presiden 2024 pada pekan depan.

Pria berusia 76 tahun itu beberapa waktu belakangan ini mengisyaratkan dirinya akan kembali berpartisipasi dalam kontestasi pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) pada 2024. 

"Trump akan mengumumkan pada Selasa bahwa dia mencalonkan diri sebagai presiden," kata penasihat Trump, Miller kepada mantan ajudan Trump, Steve Bannon di podcast 'War Room' yang populer, seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (12/11/2022).

"Ini akan menjadi pengumuman yang sangat profesional, sangat tertutup," lanjutnya.

Trump mengatakan kepada Miller, di mana dia siap kembali mencalonkan diri sebagai presiden. Ini adalah kontestasi ketiga Trump dalam memperebutkan kursi kepresidenan, termasuk kekalahannya dari Joe Biden pada 2020.

Usai kekalahan dalam pemilihan 2020, Trump memprovokasi klaim kecurangan pemungutan suara yang tidak berdasar. Hal ini menyebabkan kerusuhan di Capitol, Washington.

Trump menghadapi hasil mengecewakan untuk beberapa kandidat yang dia dukung dalam pemilihan paruh waktu. Beberapa kandidat favorit pilihannya kehilangan kursi yang dipegang Partai Republik dari Demokrat.

Sejauh ini Partai Republik meraih 211 kursi. Partai ini tampaknya siap untuk mengamankan mayoritas tipis di House of Representatif yang memiliki total 435 kursi.

Pada Oktober, Trump menyampaikan keinginannya untuk kembali mencalonkan diri dalam pilpres AS dalam sebuah pertemuan umum di Texas. Mengacu pada para pendukungnya yang memilihnya untuk menjadi presiden pada 2016, Trump meyakini, pendukungnya kali ini akan lebih kuat dari sebelumnya.

"Mayoritas yang diam kembali lebih kuat dari sebelumnya. Rekan-rekan pendukung saya, perjalanan luar biasa yang kita jalani bersama ini baru saja dimulai," cetus Trump.

Di sisi lain, Joe Biden juga telah mengumumkan keinginannya untuk mencalonkan diri sebagai presiden lagi pada 2024. Biden, yang kini berusia 79 tahun, merupakan tokoh tertua yang menjabat presiden AS.

Keinginan Biden untuk kembali maju dalam pilpres AS disampaikan saat dia diwawancara MSNBC di Delaware State University di Dover. "Saya belum membuat keputusan formal itu (maju kembali dalam kontestasi pilpres). Namun itu adalah niat saya, niat saya untuk mencalonkan diri lagi, dan kami punya waktu untuk membuat keputusan itu," imbuh Biden, dikutip dari Washington Post, Sabtu (22/10/2022).

Dalam wawancara tersebut, jurnalis MSNBC, Jonathan Capehart, turut menyinggung autobiografi Biden berjudul 'Promise Me, Dad' yang diterbitkan pada 2017. Capehart bertanya tentang kata-kata apa yang disampaikan anak Biden, yakni Beau Biden, saat bersikeras memintanya maju dalam pilpres AS 2016. Beau meninggal akibat kanker otak pada 2015.

Biden menjawab, anaknya memintanya mencalonkan diri tergantung pada siapa lawannya. "Tergantung pada siapa lawannya. Jika mereka memiliki pandangan yang sangat bertentangan dengan apa yang saya yakini sebagai demokrasi, dan saya yakin itu baik untuk kebanyakan warga Amerika, maka argumennya adalah, 'Ayah, Anda memiliki kewajiban untuk melakukan sesuatu'," ucap Biden. 


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])