Pejabat Senior: Rusia Netralisir Ratusan Agen Intelijen Asing

Nusantaratv.com - 16 September 2023

Ilustrasi. Aksi mata-mata atau spionase. (Vladislav Belogrud/Interpress/TASS)
Ilustrasi. Aksi mata-mata atau spionase. (Vladislav Belogrud/Interpress/TASS)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Seorang pejabat tinggi keamanan Rusia Nikolai Patrushev mengatakan dalam sebuah artikel yang diterbitkan Jumat (15/9/2023). Disebutkan Moskow telah "menetralisir" ratusan mata-mata asing dalam beberapa tahun terakhir.

Patrushev, yang merupakan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia itu menulis di majalah milik badan intelijen Rusia. 

"Dalam beberapa tahun terakhir, ratusan karyawan badan intelijen asing, serta orang-orang lain yang terlibat dalam pengorganisasian kegiatan intelijen dan subversif terhadap negara kita dan mitra strategis kita, telah diidentifikasi dan dinetralisir," tulis Patrushev, seperti dilaporkan Reuters, Jumat (15/9/2023).

Patrushev, sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, adalah mantan Direktur Dinas Keamanan Federal (FSB) dan dipandang sebagai pendukung utama kebijakan garis keras dan mengekang agen asing di Kremlin. 

Tulisan ini muncul ketika Rusia memenjarakan seorang pria selama 12,5 tahun, karena diduga mengirim komponen rudal ke Amerika Serikat (AS).

Menurut FSB, salah seorang yang diduga sebagai agen asing, Sergei Kabanov diduga menyelundupkan komponen rudal ke sebuah perusahaan di Alabama yang berada di bawah kendali Departemen Pertahanan AS. 

Dia dihukum karena pengkhianatan dan akan menjalani hukumannya di penjara dengan keamanan maksimum. Kabanov menyelundupkan rudal pertahanan udara dan sistem senjata berbasis radar ke AS melalui Latvia, menurut laporan kantor berita Rusia, TASS.

Kantor berita Rusia, TASS, juga merilis rekaman dokumen pengiriman dan faktur yang digunakan FSB sebagai bukti dalam kasus yang dihadapi Kabanov.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])