Pegawai DKP Maluku Bersihkan Pantai Tapal Kuda Pada Hari Nusantara

Nusantaratv.com - 13 Desember 2022

Pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan membersihkan sampah di kawasan Pantai Tapal Kuda, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Selasa (13/12/2022). (ANTARA/Jimmy Ayal)
Pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan membersihkan sampah di kawasan Pantai Tapal Kuda, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Selasa (13/12/2022). (ANTARA/Jimmy Ayal)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku membersihkan kawasan Pantai Tapal Kuda di Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, pada peringatan Hari Nusantara, Selasa.

Sekretaris DKP Provinsi Maluku Mohammad Savar Latuconsina memimpin puluhan aparatur sipil negara membersihkan kawasan Pantai Tapal Kuda.

Berbekal sapu dan kantong sampah, para aparatur sipil negara menyisir sampah di kawasan pantai, memungut plastik serta dahan pepohonan kemudian mengumpulkan dan membakarnya.

"Kami sengaja memilih aksi bersih pesisir pantai untuk memperingati Hari Nusantara tahun 2022 sekaligus sebagai kampanye bersih pantai dan upaya menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah di pantai," kata Mohammad.

Didampingi oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum DKP Provinsi Maluku Nalika F. Lewerissa, dia menyampaikan bahwa sampah plastik yang susah terurai bisa mengganggu keberlanjutan ekosistem pantai.

"Plastik merupakan sampah anorganik yang paling sulit diurai. Butuh waktu puluhan bahkan ratusan tahun baru sampah plastik bisa terurai. Karena itu butuh kesadaran warga untuk tidak membuang sampah plastik ke laut," katanya.

Tanggal 13 Desember ditetapkan sebagai Hari Nusantara berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 126 Tahun 2001.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])