PBB Serukan Dukungan Berkelanjutan untuk Lebanon dalam Menampung Para Pengungsi Setelah Kecelakaan Kapal yang Mematikan

Nusantaratv.com - 25 April 2022

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Badan Pengungsi PBB (UNHCR) dan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) pada Minggu (24/4/2022) menyerukan dukungan internasional berkelanjutan untuk Lebanon serta para pengungsi dan migran yang ditampung di negara itu.

Seruan oleh dua badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu datang sehari setelah sebuah kapal yang dilaporkan membawa 84 orang terbalik di lepas pantai kota Tripoli di Lebanon utara, menewaskan sedikitnya enam orang termasuk seorang bayi berusia 40 hari.

"Peristiwa tragis itu menggarisbawahi risiko yang sangat tinggi yang membuat banyak orang putus asa. Sangat penting bahwa dukungan terus-menerus dimobilisasi untuk membantu Lebanon karena kondisi kehidupan memburuk bagi para pengungsi dan juga orang Lebanon," kata Ayaki Ito, perwakilan UNHCR di Libanon, dikutip dari Xinhua, Senin (25/4/2022).

Sementara itu, Mathieu Luciano, Kepala IOM Lebanon, memperingatkan krisis ekonomi Lebanon telah memicu salah satu gelombang migrasi terbesar dalam sejarah negara itu.

"Didorong oleh keadaan ekonomi yang semakin putus asa, semakin banyak orang meninggalkan Lebanon melalui cara yang tidak aman. Alternatif yang aman dan legal untuk migrasi tidak teratur sangat dibutuhkan, termasuk dukungan untuk mata pencaharian lokal dan peningkatan akses ke layanan di komunitas yang berisiko," ujar Luciano. (Rafli Dwidani)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close