PBB: 886 Warga Sipil Tewas, Terluka atau Diculik di Mali

Nusantaratv.com - 25 Maret 2022

Ilustrasi. (Istimewa)
Ilustrasi. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Mali (MINUSMA) mengungkapkan sedikitnya 886 warga sipil tewas, terluka atau diculik di negara itu pada paruh kedua tahun lalu.

"Dari para korban, 40 adalah anak-anak dan 65 adalah wanita," kata MINUSMA, dikutip dari Xinhua, Jumat (25/3/2022).

Menurut dokumen itu, jumlah warga sipil yang terkena dampak kekerasan menurun sebesar 7 persen dari paruh pertama tahun lalu. Pelanggaran HAM (hak asasi manusia) yang dilakukan kelompok-kelompok seperti Kelompok Pendukung Islam dan Muslim meningkat 21 persen dari periode sebelumnya.

Catatan itu mengatakan kekerasan terkonsentrasi di pusat negara, terutama di wilayah Bandiagara, Douentza, Mopti dan Segou, dengan pergeseran ke wilayah selatan. Sejak 2012, Mali telah menghadapi krisis multifaset yang mendalam di tingkat keamanan, politik dan ekonomi.

Pemberontakan kemerdekaan, serangan jihadis dan kekerasan antar komunitas telah menyebabkan ribuan orang tewas dan ratusan ribu orang mengungsi di negara Afrika Barat ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close