PB TAKO Hadir di Ajang Join Fun Karate Training Camp dan Goes To Sensei INKAI

Nusantaratv.com - 28 September 2023

Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. selaku Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) memukul Gong sebagai tanda dimulainya acara Ajang Join Fun Karate Training Camp dan Goes to Sensi INKAI yang diselenggarakan oleh PP Institut Karatedo Indonesia (PP INKAI) di kawasan Mega Mendung, Bogor, Kamis (28/9/2023).(foto: Alamsyah/nusantaratv.com)
Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. selaku Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) memukul Gong sebagai tanda dimulainya acara Ajang Join Fun Karate Training Camp dan Goes to Sensi INKAI yang diselenggarakan oleh PP Institut Karatedo Indonesia (PP INKAI) di kawasan Mega Mendung, Bogor, Kamis (28/9/2023).(foto: Alamsyah/nusantaratv.com)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Perguruan Karate-Do TAKO Indonesia dengan Ketua Umum, Dr. Ir Nurdin Tampubolon, M.M memenuhi undangan Pengurus Pusat Institut Karate-Do Indonesia (PP INKAI) di ajang Join Fun Karate Training Camp dan Goes To Sensei di kawasan Mega Mendung, Bogor, Kamis (28/9/2023).

Pada ajang yang dihadiri induk karate Indonesia, Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) yang diketuai oleh Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. serta pihak penyelenggara yakni PP INKAI, turut hadir sekitar 23 perguruan karate se-Indonesia.

Sebagai salah satu perguruan karate tertua di Indonesia, PB TAKO mendapatkan kesempatan untuk memeragakan beberapa gerakan khas PB TAKO di atas panggung.

Daniel Pasaribu selaku Waketum I PB TAKO, lantas memeragakan gerakan khas TAKO di hadapan Ketum FORKI, Ketum PP INKAI, Laksda TNI Dr. Ivan Yulivan, serta para guru-guru perguruan karate se-Indonesia. 

“Saya mewakili TAKO sebagai seorang dewan guru menunjukkan ciri khas yaitu gerakan TAKO.” ujar Daniel Pasaribu yang didampingi Joseph Hutabarat, SE, SH, MH, selaku Sekjen PB TAKO.

Daniel Pasaribu mengatakan jika acara yang positif ini diharapkan bisa juga diselenggarakan oleh PB TAKO serta perguruan karate lain.

“Saya harapkan seluruh perguruan bisa menyelenggarakan yang seperti ini bukan hanya sekali setahun karena ada 25 perguruan, kalau bisa setiap perguruan menyelenggarakan acara seperti ini. Bisa bergiliran. Saya harapkan juga TAKO sebagai salah satu perguruan yang tertua di Indonesia juga menyelenggarakan acara seperti ini.” imbuh Daniel.

“Kita para Takowan sangat rindu latihan bersama. Kalau bisa TAKO yang ada di seluruh Nusantara, plus perguruan-perguruan lain kita undang juga untuk latihan bersama agar ada kekompakan karateka seluruh Indonesia.” sambungnya. 

Daniel Pasaribu selaku Waketum I PB TAKO (ketiga dari kiri) dan Joseph Hutabarat selaku Sekjen PB TAKO (kedua dari kanan), bersama Ketum PP INKAI, Laksda TNI Dr. Ivan Yulivan dan beberapa guru perguruan karate di acara  Join Fun Karate Training Camp dan Goes To Sensei INKAI, Mega Mendung, Bogor, Kamis, 28 September 2023.(foto: Alamsyah/nusantaratv.com).

 

Terakhir, Daniel menambahkan, bahwa PB TAKO yang memiliki ribuan murid di seluruh Indonesia telah ikut serta dalam berbagai event kejuaraan yang digelar FORKI. Bahkan katanya beberapa murid PB TAKO berhasil menyumbangkan medali di berbagai event.

“TAKO adalah perguruan tertua dan murid-muridnya sudah menyebar seluruh Indonesia dan kita harapkan TAKO mempunyai satu kontribusi untuk pengembangan karateka di Indonesia. Karena kita tahu di dalam event-event FORKI, TAKO sudah ikut didalamnya dan banyak murid-murid TAKO yang menyumbangkan emas, dengan itu, TAKO pasti akan dikenal.” tutupnya.   

Daniel Pasaribu Wakil Ketua Umum I Perguruan Karate-Do TAKO Indonesia. (foto: Alamsyah/nusantaratv.com)

 

Pada ajang Join Fun Karate Training Camp dan Goes To Sensei INKAI, Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. membuka acara yang dilangsungkan selama 5 Hari dari tanggal 27 September sampai dengan 1 Oktober 2023 itu.

Hadi Tjahjanto mengatakan kegiatan tersebut sangat bagus dan positif.

“Karena bisa mendatangkan seluruh perguruan dalam satu tempat dan latihan dalam satu tempat. Ini tidak pernah terjadi seperti ini. Kita lihat tadi kan untuk gerakan-gerakan pembukanya semua berbeda namun disitu ada semangat kebersamaan walaupun berbeda perguruan.” ujar Hadi Tjahjanto.

Daniel Pasaribu tengah memperagakan jurus-jurus yang ada di Karate-Do TAKO Indonesia di hadapan para peserta  ajang Join Fun Karate Training Camp dan Goes To Sensei INKAI. (foto: Alamsyah/nusantaratv.com)

 

Selain PB TAKO, beberapa perwakilan Aliran secara satu persatu memimpin gerakan dasar mulai dari Aliran Shotokan, Shito Ryu, Wado Ryu, Goju Ryu, Khusin Ryu, Kyokushin Ryu.

Iwan Fals pemilik Perguruan Karate Dojo Tiga Rambu, ikut ambil bagian dalam ajang Join Fun Karate Training Camp dan Goes To Sensei INKAI. (foto: Alamsyah/nusantaratv.com)

 

Termasuk musisi Iwan Fals yang memiliki perguruan karate bernama Dojo Tiga Rambu, ikut memeragakan gerakan perguruan karate yang dipimpinnya tersebut.**

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



1

x|close