Partai Shinzo Abe Menang Pemilu

Nusantaratv.com - 11 Juli 2022

Shinzo Abe. (Net)
Shinzo Abe. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, ditembak mati saat berkampanye untuk Partai Demokrat Liberal (LDP) di Nara, Jepang. Setelah kepergian Abe, LDP meraih kemenangan setelah pemungutan suara untuk parlemen pada hari Minggu (10/7/2022). 

LDP mengamankan 63 kursi, melampaui setengah dari 125 kursi yang diperebutkan di majelis tinggi, menurut laporan media lokal. Blok konservatif yang berkuasa, yang juga termasuk mitra koalisi LDP, Komeito, kini akan memiliki 75 kursi di majelis.

"Sangat penting bagi kami untuk menyelenggarakan pemilihan ini bersama-sama, pada saat tindakan kekerasan telah mengguncang pondasi pemilihan," ujar Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, yang merupakan anak didik Abe.

LDP sebelumnya diperkirakan memang menerima lonjakan dukungan usai insiden pembunuhan Abe.

"Kami baru saja kehilangan Pak Abe. Saya ingin LDP memenangkan banyak suara sehingga mereka dapat menjalankan negara ini secara stabil," kata seorang pensiunan Sakae Fujishiro, 67 tahun, kepada kantor berita Reuters kala memberikan suaranya untuk partai penguasa di pemilihan di distrik Edogawa timur Tokyo.

Minggu lalu, jajak pendapat menunjukkan bahwa LDP memenangkan di bawah setengah dari total kursi yang tersedia. Tapi, jajak pendapat terbaru memperkirakan bahwa pemungutan suara hari Minggu (10/7/2022) bakar memperkuat kekuasaan Kishida, menempatkannya pada posisi yang lebih baik untuk "tiga tahun emas", di mana dirinya takkan menghadapi pemilihan lebih lanjut.

Tapi, perdana menteri konservatif harus menghadapi kenaikan harga dan krisis energi setelah gelombang panas awal musim panas lalu menyebabkan krisis listrik.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close