Panglima: Jangan Tuduh TNI Produk Orde Baru!

Nusantaratv.com - 04 Agustus 2023

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Net)
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan pihaknya bakal menindak tegas kasus suap proyek yang menjerat Kabasarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dan Koorsmin Kabasarnas Letkol Afri Budi Cahyanto. Yudo merespons soal tudingan peradilan militer yang disebut sebagai produk Orde Baru.

Mulanya, Yudo menjelaskan stigma anggota TNI yang terjerat kasus dan masuk peradilan militer seolah-olah bebas dari hukuman atau impunitas. Ia membantah anggapan itu dan meminta jika ada temuan untuk dibuktikan.

"Kalau masih ragu-ragu, ya silakan ayo kita sama-sama melihat penjaranya kayak apa, penyidikannya kayak apa silakan," ujar Yudo kepada wartawan usai membuka 'Panglima Cup 2023', Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Yudo pun mengatakan bahwa TNI kerap disebut produk Orde Baru. Walau begitu, ia menegaskan pihaknya terbuka tak menutupi segala kasus yang terjadi.

"Jadi jangan selalu bilang produk Orde Baru, kita semuanya produk Orde Baru. Kita akui atau tidak, produk Orde Baru semuanya. Karena memang saat itu kita lalui semua. Jadi jangan terus menuduh TNI ini produk Orde Baru," tutur Yudo.

"Semua produk Orde Baru, ayo kita akui atau tidak. Tentunya kita sudah berubah sesuai keputusan politik pemerintah. Kita sudah berubah, berubah, dan berubah. Kalau nggak percaya. Yo ayo, datang ke TNI. Kami pun juga tidak tertutup untuk itu. Untuk berdiskusi, berkoordinasi, bersilaturahmi," sambungnya.

Ia mengatakan TNI dibandingkan dengan zaman dahulu sangat berbeda. Ia tak ingin segala sesuatunya disamakan dengan sikap pada Orde Baru. 

"Kami sekarang ini sudah terbuka. Jauh dibanding dengan zaman-zaman dulu, kami sudah generasi-generasi penerus. Kami juga nggak begitu tahu tentang Orde Baru, karena saya hanya mengikuti dulu. Karena saya masih junior dan kita semuanya. Sekarang kita semuanya menjadi pemimpin. Tentunya kita semua akan tunduk pada keputusan politik pemerintah," tandas Yudo.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close