Pamer Video Lepas Jilbab di Instagram, Aktris Iran Ditangkap

Nusantaratv.com - 21 November 2022

Tangkapan layar dari video Instagram Hengameh Ghaziani yang ditangkap pihak berwenang karena melepas jilbab. (Al Arabiya)
Tangkapan layar dari video Instagram Hengameh Ghaziani yang ditangkap pihak berwenang karena melepas jilbab. (Al Arabiya)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Aktris ternama Iran, Hengameh Ghaziani, ditangkap pihak berwenang. Sebelumnya dia mengunggah video di Instagram yang memperlihatkan aksinya melepas jilbab.

Penangkapan Hengameh Ghaziani dilaporkan media pemerintah, IRNA, pada Minggu (20/11/2022), seperti dilaporkan AFP, saat negara itu masih dilanda demo rusuh.

Aksi unjuk rasa yang nyaris tanpa henti mengguncang Iran lebih dari dua bulan pascakematian Mahsa Amini. Wanita Kurdi Iran berusia 22 tahun itu meninggal dunia usai ditangkap polisi moral di Teheran atas tuduhan melanggar aturan wajib berjilbab.

Pihak berwenang di Republik Islam menggambarkan protes yang terus berkelanjutan sebagai kerusuhan dan menuduh Israel serta negara-negara Barat yang mengobarkannya.

Penangkapan Hengameh Ghaziani tanpa menyebut aksi pencopotan jilbab sebagai alasannya, lapor kantor berita IRNA. "Hengameh Ghaziani, seorang kritikus vokal terhadap tindakan keras terhadap pengunjuk rasa, ditangkap karena menghasut dan mendukung kerusuhan dan karena berkomunikasi dengan media oposisi," demikian laporan kantor berita IRNA.

Bintang film berusia 52 tahun itu telah mengindikasikan jika dia telah dipanggil oleh pengadilan, dan kemudian menerbitkan video di Instagram tentang dirinya yang melepas jilbab. "Mungkin ini akan menjadi unggahan terakhir saya," tulis Hengameh Ghaziani  pada Sabtu (19/11/2022) malam waktu setempat.

"Mulai saat ini, apa pun yang terjadi pada saya, ketahuilah bahwa seperti biasa, saya bersama rakyat Iran sampai nafas terakhir saya," lanjutnya.

Video tersebut, yang tampaknya diambil di sebuah jalan kawasan perbelanjaan, menunjukkan Ghaziani tanpa jilbab menghadap kamera tanpa berbicara dan kemudian berbalik dan mengikat rambutnya menjadi kuncir kuda.

Dalam sebuah unggahan pekan lalu, dia menuduh pemerintah Iran 'pembunuh anak' yang telah membunuh lebih dari 50 anak.

Menurut situs berita peradilan Iran, Mizan Online, Hengameh Ghaziani termasuk di antara delapan orang yang dipanggil ke kejaksaan atas materi provokatif yang diunggah di media sosial.

Mereka juga termasuk Yahya Golmohammadi, pelatih tim sepak bola Teheran Persepolis FC, yang mengkritik keras para pemain di tim nasional Iran karena tidak membawa suara orang yang tertindas ke telinga pihak berwenang.

Komentar itu muncul setelah tim nasional sepak bola pekan lalu bertemu dengan Presiden Ebrahim Raisi jelang penampilan mereka di Piala Dunia yang dimulai Minggu (20/11/2022) di Qatar. Mizan melaporkan aktor terkemuka lainnya termasuk Mitra Hajjar dan Baran Kosari juga telah dipanggil.

Awal bulan ini Taraneh Alidoosti, salah satu aktor Iran paling terkenal yang masih tinggal di negara itu, mengunggah foto dirinya di media sosial tanpa berjilbab. Alidoosti bersumpah untuk tinggal di tanah airnya dengan 'harga berapa pun', dengan mengatakan dia berencana untuk berhenti bekerja dan sebagai gantinya mendukung keluarga dari mereka yang terbunuh atau ditangkap dalam penumpasan protes.

Tokoh perfilman Iran berada di bawah tekanan bahkan sebelum dimulainya gerakan protes yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini. Sutradara film pemenang penghargaan Mohammad Rasoulof dan Jafar Panahi tetap ditahan setelah mereka ditangkap awal tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])