Pakar Sampaikan Solusi Masalah Pembangunan Rumah Tahan Gempa

Nusantaratv.com - 27 September 2023

Pakar Mekanika Teknik dan Rekayasa Struktur dari Fakultas Teknik Universitas Andalas Sumatera Barat Prof. Febrin Anas Ismail. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).
Pakar Mekanika Teknik dan Rekayasa Struktur dari Fakultas Teknik Universitas Andalas Sumatera Barat Prof. Febrin Anas Ismail. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pakar mekanika teknik dan rekayasa struktur dari Fakultas Teknik Universitas Andalas Sumatera Barat Prof. Febrin Anas Ismail menyampaikan solusi masalah pembangunan rumah berdinding tembok yang tahan gempa.

Di Padang, Rabu, dia mengemukakan bahwa kawat anyam bisa digunakan untuk membangun rumah berdinding tembok yang tahan terhadap guncangan akibat gempa bumi.

"Dari hasil pengujian meja getar, penguatan kawat anyam terbukti efektif dan efisien menerima goncangan gempa," katanya.

Ia menjelaskan bahwa kawat anyam, yang terbuat dari material yang mudah didapat dan memiliki kekuatan setara besi, bisa digunakan dalam renovasi bangunan rumah maupun pembangunan rumah baru.

Menurut dia, kawat anyam juga tergolong mudah dipasang sehingga pemasangannya tidak memerlukan tukang yang ahli. 

Dia mengatakan bahwa secara umum posisi penempatan kawat anyam hampir sama dengan penempatan tulang besi pada bangunan rumah tembok, yaitu di sudut pertemuan antardinding pada bagian sloof bawah dinding, bagian ring balok atas dinding.

"Untuk jendela dan pintu juga bisa dipasang kawat anyam agar lebih kuat," ia menambahkan.

Prof. Febrin mengemukakan bahwa pemerintah perlu membuat kebijakan dan program edukasi masif untuk memperkenalkan tata cara pendirian bangunan rumah yang tahan terhadap gempa bumi kepada masyarakat.

"Untuk mengatasi masalah rumah tembok, perlu ada kebijakan yang masif sebagai langkah penguatan, mengingat Sumatera Barat rawan gempa," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close