Pakar Minta Amerika Serikat Harus Transparan Terkait Aktivitas Laboratorium Biologi di Ukraina

Nusantaratv.com - 17 Maret 2022

Ilustrasi bendera Amerika Serikat. (The 828)
Ilustrasi bendera Amerika Serikat. (The 828)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Para pakar Turki meminta Amerika Serikat (AS) harus transparan terkait keberadaan laboratorium biologi di Ukraina. Negara Paman Sam itu juga diminta mengungkapkan rinciannya sebelum menyeret dunia ke dalam proses yang berbahaya.

"Pada titik ini, semua umat manusia membutuhkan transparansi, tidak hanya orang-orang di medan perang tetapi juga seluruh dunia," kata pakar keamanan dan akademisi di Universitas Bahcesehir yang berbasis di Istanbul, dikutip dari Xinhua, Kamis (17/3/2022). 

Sementara itu, seorang spesialis dalam biologi medis dan genetika, Korkut Ulucan mengatakan, laboratorium semacam itu harus dapat diakses oleh komite ilmiah internasional, dan aktivitas mereka perlu diaudit oleh beberapa organisasi independen.

"Untuk mencegah kebocoran, laboratorium ini harus dievakuasi secara bertahap dengan sangat hati-hati, di bawah kondisi keamanan tingkat tinggi dan pengawasan komite ilmuwan, dan mereka harus dinonaktifkan," jelas Ulucan.

Ulucan, yang juga seorang akademisi di Universitas Marmara yang berbasis di Istanbul dan dosen di Universitas Uskudar, memperingatkan soal kemungkinan tumpahan dan 'munculnya kegiatan rahasia yang tidak terkendali' dapat menyebabkan kehancuran besar-besaran.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close