Pakai Pakaian Adat, Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 di Hulu Rokan Riau

Nusantaratv.com - 01 Juni 2024

Presiden Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Hulu Rokan, Dumai, Riau/ist
Presiden Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Hulu Rokan, Dumai, Riau/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 digelar di Lapangan Garuda Pertamina di Hulu Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dan menjadi inspektur upacara (irup).

Pada momen bersejarah ini Jokowi mengenakan pakaian adat Teluk Belanga dengan celana panjang dan kain songket.

Jokowi juga memakai tanjak sebagai penutup kepala dipadu dengan selendang dan ikat pinggang berwarna kuning.

Upacara dimulai pukul 7.30 WIB dan diikuti pelajar hingga pegawai Pertamina. Bertindak selaku komandan upacara ialah Kombes Andri Ananta Yudhistira yang merupakan Direskrimum Polda Jambi. 

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan Indonesia harus bersyukur memiliki Pancasila yang memandu arah bangsa. 

Seluruh rakyat Indonesia juga harus bersyukur karena Indonesia tetap kokoh, terus stabil, terus bersatu-padu, terus tumbuh ekonominya di tengah gempuran dunia yang penuh dengan ketidakpastian, di tengah dunia yang dilanda berbagai krisis, dalam geopolitik yang penuh ketegangan dan rivalitas.

"Kita harus selalu optimis karena kita punya Pancasila yang memandu arah bangsa, karena kita punya modal sosial dan modal budaya yang kokoh, karena kita punya sumber daya manusia dan kita punya sumber daya alam yang melimpah," tegas Jokowi.

Oleh karena itu, Presiden mengatakan, Indonesia harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi.

Jokowi juga menyampaikan alasan mengapa Lapangan Garuda Pertamina di Hulu Rokan, Dumai, Riau, menjadi lokasi upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024.

Presiden menyebut ada pesan kemandirian ekonomi yang ingin ditegaskan pemerintah. 

"Kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat. Kita juga harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa. Kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat," ujar Jokowi.

"Salah satunya adalah Blok Rokan di Riau ini, tempat yang kita pakai untuk upacara peringatan Hari Lahir Pancasila," ungkapnya. 

Jokowi mengungkapkan setelah saham mayoritas PT Freeport diambil alih pemerintah, hal yang sama juga telah dilakukan untuk Blok Rokan. Sebelumnya, selama 97 tahun blok tersebut dikelola oleh Caltex dan Chevron yang merupakan perusahaan asing.

Salah satu pertimbangan pengambilalihan pengelolaan oleh pemerintah yakni karena Blok Rokan merupakan blok migas yang paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia.

"Kita harapkan kehadiran Pancasila sebagai pembebas dari ketergantungan kita pada pihak asing," tukasnya. 

Turut hadir menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Mendagri Tito Karnavian, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Hadir juga Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Wakil Presiden (Wapres) ke-8 RI, Tri Sutrisno, juga mengikuti prosesi Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 secara virtual. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close