Otto Hasibuan: Saya Tak Pernah Bosan Gaungkan Sistem Single Bar

Nusantaratv.com - 17 Mei 2023

Acara halal bihalal DPN Peradi/ Foto: Arf18
Acara halal bihalal DPN Peradi/ Foto: Arf18

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Ketua Umum DPN Peradi, Prof. Dr. Otto Hasibuan S.H., M.M mengatakan tak pernah bosan untuk terus menggaungkan dan mewujudkan single bar (wadah tunggal) sebagai konsep atau sistem advokat di Indonesia.

Hal itu dikatakannya usai acara halal bihalal yang digelar DPN Peradi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (16/05/2023).

Otto menjelaskan, Undang-Undang (UU) Advokat Nomor 18 Tahun 2003 mengamanatkan bahwa organisasi advokat Indonesia menganut asas tunggal atau single bar. Tujuan utamanya yakni meningkatkan kualitas advokat dan melindungi para pencari keadilan.

Menurut Otto, ‎sistem single bar menjadikan satu standar kompetensi yang harus dipenuhi seseorang untuk bisa menjadi advokat yang merupakan profesi sangat mulia (officium novile), baik kompetensi, profesionalisme hingga kode etik. Tentunya, sistem ini menjadi sesuatu yang tepat bagi para advokat.

"Single bar is a must, Saya tidak pernah bosan untuk menggaungkan itu karena percayalah tidak mungkin sebuah organisasi bisa kita tingkatkan kalau tidak ada single bar," kata Otto Hasibuan usai acara halal bihalal DPN Peradi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (16/05/2023).

Pengacara kondang itu juga memiliki keyakinan bahwa cepat atau lambat sistem organisasi advokat yang dianut di Indonesia akan kembali pada single bar. Apalagi, di seluruh dunia, konsep  organisasi advokat yang dipakai selalu single bar.

"Jadi selalu saya katakan bahwa kita tetap gaungkan ini. Saya yakin dan percaya sekarang atau besok, cepat atau lambat pasti kembali lagi karena undang-undang kita akan jelas bahwa itu single bar meski ada yang berupaya untuk merubahnya menjadi multi bar," jelas Otto.

"Tetapi secara prinsip kita ini adalah single bar dan itu yang harus tetap kita pertahankan dan kita perjuangkan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])