One Way Tol, Ini Rute Alternatif Jakarta ke Bandung-Semarang

Nusantaratv.com - 06 Mei 2022

Ilustrasi one way. (Suara.com)
Ilustrasi one way. (Suara.com)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kebijakan one way dari Tol Kalikangkung Km 414 hingga Tol Cikampek Km 47 diberlakukan pada Jumat (6/5/2022) siang. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pengendara dari DKI Jakarta yang mengarah ke Bandung dan Semarang untuk melintasi jalan non tol sementara.

"Pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju Bandung dan Semarang untuk mengantisipasi rekayasa lalu lintas one way dengan merencanakan rute perjalanan ke Semarang dan Bandung, melalui jalan non tol," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, Jumat (6/5/2022).

Jasa Marga pun meminta maaf kepada masyarakat yang hendak pergi ke arah Jawa dari Jakarta. Dwimawan memberikan beberapa rute alternatif bagi pengendara untuk tetap bisa pergi ke Bandung dan Semarang, walau tak melewati tol.

"Untuk mengantisipasi pemberlakuan one way, Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan yang menuju arah timur, serta mengimbau pengguna jalan untuk menggunakan sejumlah rute alternatif perjalanan dari Jakarta menuju Bandung dan Semarang," papar dia. 

Berikut daftar rute alternatif tersebut:

Arah Bandung
Alternatif 1: Melalui Jalan Tol Jagorawi, lalu keluar melalui GT Ciawi Km 45 arah Puncak, yang dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui Cisarua, Cipanas, Cianjur, Sukaluyu, Cipatat hingga masuk ke GT Padalarang Km 120 Jalan Tol Padaleunyi menuju arah Bandung dan sekitarnya.

Alternatif 2: Melalui Jalan Tol Jagorawi, lalu keluar melalui GT Cibubur Km 13 arah Puncak, yang dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui Cileungsi, Jonggol, Cianjur hingga masuk ke GT Padalarang Km 120 Jalan Tol Padaleunyi menuju arah Bandung dan sekitarnya.

Alternatif 3: Melalui jalan non tol Kalimalang, Kedung Waringin, Karawang, Purwakarta, Wanayasa, Lembang hingga Bandung dan sekitarnya.

Alternatif 4: Melalui jalan non tol Kalimalang, Kedung Waringin, Karawang, Purwakarta, hingga masuk ke GT Sadang Km 76 Jalan Tol Cipularang menuju arah Bandung dan sekitarnya.

Arah Semarang
Alternatif 1: Melalui Jalan Tol Dalam Kota, lalu keluar melalui Cawang/Halim Km 2 arah Cawang, yang dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui MT Haryono, Kalimalang, Karawang, Purwakarta, Cirebon, Brebes, Kendal hingga Semarang dan sekitarnya

Alternatif 2: Melalui Jalan Tol JORR Seksi E, lalu keluar melalui Pd. Kelapa/Kranji Km 47 baik arah Cakung maupun arah Jati Asih, dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui Kalimalang, Karawang, Purwakarta, Cirebon, Brebes, Kendal hingga Semarang dan sekitarnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close