One Way di Cipali KM 74 hingga KM 414 Dimulai 21.30

Nusantaratv.com - 05 April 2024

Suasana di gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jumat (5/4) malam. (Foto: ANTARA/I.C. Senjaya)
Suasana di gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jumat (5/4) malam. (Foto: ANTARA/I.C. Senjaya)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pelaksanaan rekayasa lalu lintas arus mudik satu arah (one way) dari KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah. Keputusan ini diambil untuk mengoptimalkan kelancaran arus mudik menuju arah timur.

Sebelumnya, dari informasi yang didapat dari Korlantas Porli melalui akun Instagram resminya @korlantaspolri.ntmc, pada pukul 19.30-21.30 petugas telah melakukan pembersihan jalur untuk penerapan rekayasa one way. "Pukul 21.30, pembukaan one way dari KM 72 Cipali hingga KM 414 GT Kalikangkung," ujar Korlantas Porli.

Meskipun demikian, penerapan sistem one way ini bersifat situasional dan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. "Pelaksanaan one way bersifat situasional sesuai dengan diskresi kepolisian," terang Korlantas.

Sebelumnya, kebijakan untuk menerapkan one way dijadwalkan pada pukul 14.00 siang, namun mengalami penundaan. Selain one way, rencana untuk melakukan contra flow juga ditunda.

Kakorlantas Porli Irjen Aan Suhanan menjelaskan bahwa penundaan ini diputuskan berdasarkan pertimbangan dari hasil penghitungan lalu lintas di Tol Trans Jawa yang masih menunjukkan volume di bawah batas minimal yang diperlukan untuk penerapan one way.

Dengan demikian, pihak kepolisian berharap dengan penerapan one way ini, akan terjadi peningkatan kelancaran arus mudik yang menuju arah timur, serta mengoptimalkan pengalaman perjalanan para pemudik yang melalui ruas Tol Cipali-Semarang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close